10  Kelebihan Pupuk Organik Dibanding Pupuk Kimia

10  Kelebihan Pupuk Organik Dibanding Pupuk Kimia

Saat ini banyak sekali petani indonesia yang beralih menggunakan pupuk organic dari pada pupuk sintetis. Selain karena mudah didapat dan sangat simple pembuatanya  pupuk organic juga lebih menjanjikan dari pada pupuk sintetis/kimia. pupuk organic juga tidak akan memberikan dampak negative baik pada ekosistem sawah maupun sekitar sawah dalam penggunaannya.

Banyak petani yang telah membuktikan manfaat dari penggunaan pupuk organic. Mereka mengatakan bahwa hasil panen mereka meningkat dengan drastis, mutu panen pun juga berkualitas, selain itu keadaan tanah dan ekosistem tetap terjaga dan subur .

Kelebihan pupuk organik dibanding  pupuk kimia diantaranya :

  1. Harga pupuk organik yang terjangkau/murah dan mudah dibuat sendiri.
  2. Pupuk organik mengandung unsur mikro yang lebih lengkap dibanding pupuk anorganik.
  3. Pupuk organik dapat menjaga kelangsungan hidup mikroorganisme dalam tanah yang berperan penting terhadap kesuburan tanah.
  4. Pupuk organik berperan sebagai memobilisasi unsur hara dalam tanah, sehingga hara dalam tanah mampu membentuk partikel ion yang mudah diserap oleh akar tanaman.
  5. Pupuk organic dapat membantu dalam pelepasan unsur hara dalam tanah secara perlahan dan continue, sehingga membantu dan mencegah terjadinya ledakan suplai unsur hara tanah yang dapat membuat tanaman menjadi keracunan.
  6. Pupuk organik berkhasiat untuk menjaga kelembaban tanah dan mengurangi tekanan pada akar-akar tanaman
  7. Pengunaan pupuk organic dapat mengembalikan kesuburan tanah yang telah hilang akibat pengunaan pupuk kimia.
  8. Keberadaan pupuk organik yang tersedia secara melimpah dan mudah didapatkan.
  9. Kualitas tanaman yang menggunakan pupuk organik akan lebih berkulitas dan bermutu dari pada tanaman yang menggunakan pupuk kimia.
  10. Tanaman yang menggunakan pupuk organik lebih menyehatkan karena kandungan nutrisinya lebih lengkap dan lebih banyak.