5 Hijauan Pakan Ternak Kaya Protein

Hijauan adalah makanan utama bagi ternak ruminansia yang terdiri dari dua macam yakni rumput-rumputan (sumber energi) dan leguminosa (sumber protein). Beberapa jenis tanaman leguminosa yang kaya akan protein diantaranya adalah:

 

Lamtoro (Leucaena leucocephala L) ini banyak dikenal oleh masyarakat sebagai petai cina. Lamtoro ini adalah jenis leguminosa yang sudah cukup lama digunakan oleh masyarakat sebagai sumber pakan untuk ternak. Kandungan nutrisi untuk kebutuhan ternak dari Lamtoro ini sangat baik, dengan kadar protein yang tinggi, Lamtoro ini bisa menjadi alternatif sumber protein dari hijauan. Hasil pengujian nutrisi di BPMSP Bekasi Tahun 2015, menunjukkan : protein kasar 36,37%.

 

 

 

 

 

Alfalfa (Medicago sativa) memiliki kualitas nilai nutrisi dan produksi yang baik, tanaman ini juga disebutkan memiliki rasa yang enak dan mudah dicerna oleh hewan ternak sehingga banyak diproduksi. Hasil pengujian Lab BPMSP Bekasi Tahun 2015 menunjukkan: protein kasar 32,63%.

 

 

 

Indigofera kaya akan nitrogen, fosfor dan kalsium. Dari hasil pengujian nutrisi di BPMSP Bekasi tahun 2015 menunjukan , protein kasar 29,16 %. Dengan kandungan protein yang cukup tinggi dan palatabilitas yang baik menjadikan tanaman ini banyak diminati oleh peternak. Indigofera umumnya dikembangkan dengan generatif melalui biji. Uji coba palatabilitas dan penggunaan hijauan segar Indigofera zollingeriana pada kambing kacang menunjukkan peningkatan efisiensi pakan dan bobot badan hingga 45% (Tarigan 2009).

 

 

Turi (Sesbania grandiflora syn) merupakan  tanaman yang dapat tumbuh dengan cepat, mempunyai akar yang dangkal, dan memiliki cabang cabang yang menggantung. Dengan kadar protein yang tinggi, tanaman ini cukup potensial untuk pakan ruminansia dan non ruminansia. Hasil uji lab BPMSP Bekasi Tahun 2015 turi memiliki protein kasar 27,59%. Namun dibalik nilai nutrisi yang cukup bagus, turi mengandung zat anti nutrisi yang cukup berbahaya bagi ternak sehingga dalam pemberiannya perlu proses pengolahan terlebih dahulu.

 

 

 

 

 

Gamal (Gliricidia sepium) merupakan tanaman yang sudah tidak asing di telinga masyarakat dan mudah tumbuh di berbagai macam kondisi. Cara penanaman bisa dilakukan dengan biji atau stek. Batang tanaman gamal dipotong dan ditancapkan ke tanah, proses selanjutnya gamal akan membentuk akar baru dan tumbuh menjadi tanaman baru. kandungan nutrisi gamal hasil uji lab BPMSP Bekasi mengandung protein kasar 26,29%.