5 Kunci Sukses Menyemai Benih Tanaman secara Umum

5 Kunci Sukses Menyemai Benih Tanaman secara Umum

Hasil panen yang berlimpah tentu saja menjadi salah satu tolak ukur akan kesuksesan dalam menyemai benihnya. Untuk mendapatkan hasil panen atau tanaman yang optimal haruslah memerhatikan cara penyemaian pada benihnya. Menyemai benih tidak dapat dilakukan secara sembarangan, melainkan ada tips-tips dan kunci tertentu yang harus diketahui oleh siapapun, terutama para petani. Hal ini dilakukan  untuk memperoleh hasil yang baik bagi tanaman-tanaman mereka nantinya. Oleh karena itu, simaklah 5 kunci sukses menyemai benih tanaman secara umum di bawah ini:

  1. Benih yang akan disemai nantinya pasti membutuhkan banyak air. Jadi, semailah benih di tanah yang subur dan lembab. Namun, jangan di tanah yang tergenang banyak air karna dapat menyebabkan benih membusuk. Kondisi tanah yang lembab akan membuat pertumbuhan benih menjadi lebih baik dan maksimal, sehingga hasilnya nanti pun akan lebih berlimpah.
  2. Tanah yg subur dengan ciri berwarna hitam, sedikit basah dan lembab.

  3. Mendapatkan sinar matahari yang cukup juga menjadi salah satu kunci sukses dalam menyemai benih tanaman. Seperti yang diketahui bahwa sinar matahari memiliki fungsi utama dan sangat penting dalam perkembangan serta pertumbuhan tanaman. Sinar matahari yang cukup akan membantu pertumbuhan benih yang telah disemai, sehingga benda tersebut akan tumbuh menjadi tanaman yang baik dan berkualitas.
  4. Sinar matahari baik bagi bibit tanaman guna proses fotosintesis

  5. Pilihlah benih yang berkualitas paling baik. Sebaik apapun cara kita menyemai benih tanaman, apabila tidak diawali dengan benih yang berkualitas, maka hasilnya juga tidak akan baik. Benih yang berkualitas akan menghasilkan tanaman yang berkualitas pula jika diikuti dengan cara pemeliharaannya yang tepat. Jadi, usahakanlah untuk memilih benih yang berkualitas untuk penanaman benih nantinya.
  6. Cara memilih benih yang berkualitas dengan memilih benih yang tenggelam, menandakan bahwa benih tersebut masih bisa tumbuh.

  7. Menyemai benih pada suhu normal merupakan salah satu kunci sukses lainnya. Suhu diatur sedemikian rupa agar benih dapat tumbuh dan berkembang biak dengan baik sesuai yang diharapkan.
  8. Suhu yang baik adalah pada suhu kamar antara 32-36⁰C

  9. Semailah benih di tanah yang gembur ( tidak padat dan keras ). Hal ini bertujuan untuk memberikan oksigen yang cukup pada benih tanaman agar membantu pertumbuhannya.

Tanah yang gembur akan sangat akan memudahkan kecambah tumbuh keatas menebus tanah permukaan tanah.

Kelima kunci sukses diatas dapat menjadi rekomendasi bagi Anda yang ingin menyemai benih tanaman dengan harapan tanaman yang akan tumbuh menjadi lebih berkualitas. Menyemai benih diperlukan ilmu yang cukup sebagai penunjang keberhasilan tanaman.