Our Company’s Story

Bintang Tani pertama kali berdiri ketika almarhum Ayah kami, Ir. H. Mulyono sedang kuliah di IPB, yaitu pada tahun 1987. Bintang Tani bergerak di bidang pertanian (Agriculture) dengan sistem pertanian terpadu (Integrated Farming System). Bintang Tani sempat memiliki banyak anak perusahaan yang didirikan oleh almarhum Ayah kami, seperti Bintang Futura, Bintang Niaga, dan Bintang Dunia. Hingga saat ini yang masih berjalan hanya Bintang Tani. Bintang Tani juga memiliki partner yang juga menggunakan nama Bintang, yaitu Bintang Pelajar. Bintang Pelajar didirikan dan dibesarkan oleh adik ipar dari almarhum Ayah kami (Adik dari Ibu kami).

Pada awal usahanya Bintang Tani menjual produk jagung manis yang dijual ke super market seperti Hero, Super Indo, Giant, Yogya, dll. Karena banyak kulit jagung yang terbuang, kemudian Bintang Tani beternak sapi agar kulit jagung tersebut dapat dimanfaatkan sebagai pakan sapi. Seiring berjalannya waktu, usaha jagung manis sudah sulit untuk berkembang, dan akhirnya yang menjadi usaha utama adalah peternakan sapi. Pada tahun 2007, Bintang Tani mencoba untuk berdagang sapi qurban, cukup mengejutkan penjualan pada tahun tersebut berhasil menjual sekitar 177 ekor sapi, dan Alhamdulillah  pada tahun-tahun berikutnya terus berkembang hingga hampir 1000 ekor sapi setiap kali idul qurban.

Bintang Tani sekarang dikelola oleh keluarga sarjana IPB, diantaranya sarjana peternakan bidang ilmu teknologi produksi peternakan, ilmu teknologi nutrisi peternakan, agribisnis, dan ilmu teknologi pangan.

Sapi Qurban

Record penjualan sapi qurban oleh Bintang Tani setiap tahunnya.

0
Tahun 2007
0
Tahun 2008
0
Tahun 2009
0
Tahun 2010
0
Tahun 2011
0
Tahun 2012
0
Tahun 2013
0
Tahun 2014

A. Penggemukan Sapi Potong

Usaha penggemukan sapi potong dilakukan dengan masa perawatan 3-4 bulan. Penggemukan dilakukan di kandang kami yang berkapasitas sekitar 500 ekor sapi. Sapi yang kami gemukkan terdiri dari jenis sapi limousin, simmental, PO, SO, Kupang, Bali, Madura, dll.

B. Peternakan Sapi Perah

Susu sapi merupakan minuman alami yang kaya nutrisi. Susu dibutuhkan oleh tubuh sebagai zat pembangun, terutama pada masa pertumbuhan. Kami menjual susu segar dan juga produk olahannya seperti susu pasteurisasi, yoghurt, dan lain sebagainya.

C. Penjualan Sapi Qurban

Usaha penjualan sapi qurban CV. Bintang Tani telah dimulai dari tahun 2007 hingga sekarang. Lokasi stand penjualan kami berada di Bogor (Ciherang dan Yasmin), dan juga di Depok.

D. Pertanian

Limbah kotoran sapi dari peternakan sapi, kami gunakan untuk pupuk pertanian dan kehutanan. Saat ini tanaman yang kami kelola berupa pohon sengon, jabon, jati, jahe merah, cabai, singkong, rumput odot, rumput gajah, dan juga buah-buahan.