Alfalfa Leguminosa Tinggi Protein

Alfalfa Leguminosa Tinggi Protein

Alfalfa leguminosa merupakan tumbuhan berprotein tinggi yang digunakan sebagai pakan atau makanan hewan ternak. Alfalfa leguminosa tinggi protein dapat dikonsumsi oleh semua jenis hewan ternak seperti sapi perah, kambing, hingga kelinci. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan yang berkembang biak di daerah subtropis, akan tetapi sudah ada pembudidayaan Alfalfa leguminosa di Indonesia yang notabenenya adalah negara tropis. Dibudidayakannya tumbuhan Alfafa leguminosa bertujuan untuk memberi makan hewan ternak dengan asupan yang bergizi sehingga hewan ternak dapat bermanfaat dengan baik. Selain itu, dengan adanya pakan ternak ini akan menekan biaya pengeluaran untuk pembelian pakan hewan ternak.

Seperti misalnya dengan hewan ternak jenis sapi perah. Alfalfa leguminosa diyakini mengandung zat galactagogue yang berfungsi meningkatkan produksi susu pada sapi perah. Adanya zat ini tentu saja semakin memberikan keuntungan bagi para peternak di Indonesia. Apalagi, sekarang Alfalfa leguminosa sudah dibudidayakan secara baik di Indonesia. Memiliki hewan ternak dengan sejuta manfaat merupakan salah satu kebanggaan bagi para peternak. Dengan adanya tumbuhan Alfalfa leguminosa, hewan ternak akan semakin tumbuh dengan kualitas yang baik serta kesehatannya pun juga dapat terjaga dengan baik karena protein tinggi pada tumbuhan tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada hewan ternak, sehingga hewan ternak yang dipelihara akan semakin tahan dengan berbagai macam penyakit.

Bagi para peternak yang tertarik untuk membudidayakan tumbuhan Alfalfa leguminosa ini, maka harus memperhatikan beberapa hal sebagai penunjang kesuburan, seperti tingkat keasaman dan kandungan garam dalam tanah. Selain itu tumbuhan ini memerlukan waktu penyiraman yang cukup panjang, sehingga sistem irigasi sangat diperlukan agar tumbuhan dapat berkembang secara baik. Tumbuhan Alfalfa leguminosa digadang-gadang sebagai terobosan baru yang sangat bermanfaat fungsinya sebagai pakan hewan ternak. Selain itu, pembudidayaannya pun cenderung tidak sulit jika ditekuni dengan sungguh-sungguh. Memilih pakan ternak sebagai konsumsi hewan ternak tentu saja harus teliti dan berusaha untuk memilih yang terbaik. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan hewan-hewan ternak yang nantinya dapat dijadikan manfaat bagi orang banyak, karena kualitasnya telah terjaga dengan baik.