Apa yang Dimaksud dengan Leguminosa?

Apa yang Dimaksud dengan Leguminosa?

Apa yang dimaksud dengan leguminosa? Leguminosa adalah salah satu tumbuhan dengan jenis kacang-kacangan yang sekarang ini dibudidayakan sebagai pakan hijau bagi ternak karena kandungan proteinnya lebih tinggi dibandingkan tumbuhan rumput biasa. Selain kandungan protein, tumbuhan leguminosa memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tak kalah banyaknya. Namun, leguminosa juga mengandung zat anti nutrisi bernama tanin dan mimosin yang cukup berbahaya untuk dikonsumsi secara berlebihan. Sehingga, untuk memberi makanan dari tumbuhan leguminosa kepada hewan ternak harus disesuaikan dengan takaran yang telah ditetapkan agar tidak membahayakan nantinya.

Tumbuhan leguminosa ini terdiri dari dua bentuk yaitu leguminosa pohon dan leguminosa semak. Tumbuhan ini juga memiliki berbagai jenis yang cukup banyak jika diuraikan satu per satu. Seperti Lamtoro dan Gamal yang berbentuk leguminosa pohon serta seperti Sentro dan Kalopo yang berbentuk leguminosa semak. Berbedanya bentuk dari berbagai macam jenis tumbuhan leguminosa tidak mengurangi kandungan protein tinggi di dalamnya. Sehingga, apapun bentuk dan jenis leguminosa yang diberikan pada hewan ternak akan memberikan banyak manfaat. Tumbuhan yang kaya akan nutrisi ini sangat cocok diberikan pada hewan ternak seperti sapi perah dan sapi pedaging agar kualitas susu dari sapi perah dan kualitas daging dari sapi pedaging dapat terkontrol dengan baik. Jadi, kandungan nutrisi yang terdapat dalam susu dan daging sapi pun menjadi lebih baik.

Salah satu tanaman leguminosa pohon yaitu indigofera

Daun leguminosa indigofera

Ternak sapi memakan leguminosa indigofera

Ternak kambing memakan leguminosa indigofera

Dilihat dari mulai bermunculannya budidaya-budidaya penanaman tumbuhan leguminosa ini sudah pasti akan memberikan dampak positif bagi peternak di Indonesia. Karena para peternak tidak akan kebingungan lagi dalam memilih pakan ternak apa yang baik dan berkualitas untuk dikonsumsi oleh hewan ternak mereka. Selain itu, dengan adanya tumbuhan ini juga dapat menekan biaya untuk membeli pakan hewan ternak, karena dapat dibudidayakan sendiri dengan cara yang cukup mudah dan tingkat keberhasilannya tinggi. Akan tetapi, para peternak harus mempelajari terlebih dahulu bagaimana cara membudidayakan tumbuhan leguminosa agar dapat sukses dan memberikan hasil panen yang baik nantinya.