Bangsa Sapi Perah Holstein

Bangsa Sapi Perah Holstein

Bangsa sapi Holstein berasal dari provinsi friesland. Di Belanda sapi tersebut disebut friesians atau fries-Holland, di Indonesia sendiri sering disebut Friesian Holstein (FH).

Nenek moyang sapi Holstein adalah sapi hitam dan sapi putih yaitu sapi Batavia dan sapi Friesian. Sapi Holstein adalah bangsa sapi yang tertua. Pada masa romawi kurang lebih 2000 tahun lalu, sapi Holstein sudah ada di Netherland. Sejak zaman itu sampai sekarang, Belanda merupakan negeri sapi perah yang termasyur. Sapi Holstein tidak hanya berkembang di Belanda tetapi juga berkembang diseluruh pelosok dunia.

Sapi Holstein tersebar diseluruh dunia karena dapat menyesuaikan dirinya dengan iklim dan pakan, baik di daerah subtropis maupun di daerah tropis. Sampai saat ini sapi Holstein merupakan sapi perah yang paling popular, karena kemampuan produksi susu sapi ini tidak diragukan lagi oleh paradigma dunia peternakan sapi perah.

Sapi Holstein termasuk bangsa sapi yang besar, dengan kesanggupan makan dan ambingnya juga besar. Kepala panjang, sempit dan lurus. Paha lurus dan bahu ramping. Sapi Holstein betina biasanya tenang dan jinak, tetapi yang jantan umumnya giras.

Warna standar sapi Holstein adalah belang hitam putih, dengan batas yang jelas. Standar berat sapi Holstein betina dewasa kisaran 589-725 kg, dan berat pejantan tidak kurang dari 816kg sampai dengan diatas 1 ton. Sapi Holstein adalah sapi perah yang tergolong paling berat dibanding bangsa sapi lainnya.

Menurut Dairy Herd Improvement Association, jumlah sapi Holstein berkisar sebanyak 1,1 juta ekor dengan produksi susu rata-rata setahun 6.489 kg dan lemak 238 kg. catatan susu yang terbanyak dihasilkan oleh sapi bernama Beecher Arlinda Ellen milik Herold Beecher dari Indiana dengan produksi susu selama 365 hari dengan pemerahan dua kali sehari menghasilkan susu 25.247 kg dan lemak 713 kg. apabila dihitung setiap harinya rata rata 69 liter/ekor/hari dengan produksi susu bulan pertama dan kedua laktasi rata rata 109 liter/ekor/hari.

Pedet sapi Holstein besar dan tegap, berat lahir rata rata 42 kg. Sapi muda/dara Holstein dapat dikawinkan pada umur 15 bulan apabila beratnya sudah mencapai 362-385kg da ada tanda birahi, dengan demikian diharapkan beranak pertama pada umur 24 bulan.