Beberapa Cara Memilih Sapi Kurban

Beberapa Cara Memilih Sapi Kurban

Kurban merupakan cara kita sebagai hamba mendekatkan diri kepada yang maha kuasa. Kita menjalankan sunnah dengan cara melakukan kurban. Berkurban dilakukan pada hari raya Idul Adha. Hewan yang biasa digunakan untuk berkurban pada umumnya di Indonesia adalah sapi dan kambing. Memilih sapi kurban atau daging kurban yang sesuai syariat tentu menjadi kewajiban yang harus dipenuhi. Setiap individu yang ingin berkurban pastinya ingin hewan yang dikurbankan adalah kualitas terbaik. Alasan di Indonesia berkurban banyak menggunakan sapi atau kambing karena memang 2 jenis hewan ini banyak diternakkan di Indonesia. Harga yang ditawarkan juga sesuai kantung, tidak terlalu mahal.

Sapi merupakan hewan kurban yang lebih banyak dipilih daripada kambing karena alasan kesehatan. Kambing memiliki tingkat kandungan kolesterol yang lebih tinggi. Sapi juga secara tekstur dagingnya lebih lembut daripada kambing. Hewan ruminansia besar ini dapat memiliki bobot yang berat jika telah dewasa. Apabila bobotnya tinggi tentu kandungan dagingnya lebih banyak.

Hukum Islam telah mengatur syarat dari hewan kurban. Syarat dari hewan kurban, yaitu sehat. Sehat ini memiliki penjabaran bulu bersih dan juga tidak kusam. Memiliki perlakuan lincah, nafsu makan baik, suhu temperatur normal, lubang kumlahnya (anus, mulut, mata, hidung) dalam keadaan normal serta bersih. Kondisi hewan juga harus diperhatikan dalam memilih sapi kurban. Sapi untuk kurban tidak boleh cacat. Cacat tersebut misalnya pincang, kerusakan organ, atau buta. Syarat selanjutnya adalah cukup umur. Sapi yang akan dikurbankan harus sudah berumur 2 tahun yang ditandai dengan adanya 2 pasang gigi tetap. Hewan kurban tidak boleh kurus serta harus hewan jantan.

Belilah hewan kurban secara bijak dan sesuai dengan syarat hukum kurban dalam islam. Kegiatan memilih sapi kurban sangat penting jika tidak ingin mengalami kerugian. Hewan kurban memiliki syarat khusus yang harus dipenuhi. Pastikan segala syarat telah ada pada hewan atau sapi yang akan dikurbankan. Kita juga tidak boleh tertipu dengan harga sapi murah yang sering ditawarkan.