Berbagai Macam Cara Dehorning

Berbagai Macam Cara Dehorning

Kata dehorning merupakan salah satu kata yang cukup asing jika didengar, karena kata ini tidak dipergunakan dalam bahasa sehari-hari. Dehorning adalah proses penghilangan bakal/calon tanduk atau pemotongan tanduk yang sudah terlanjur tumbuh pada hewan ternak, khususnya sapi. Berbagai macam cara dehorning dilakukan untuk meminimalisir terjadinya bahaya, baik terhadap peternak maupun sesama hewan ternak lainnya. Selain itu, dehorning bertujuan untuk memudahkan para peternak dalam memelihara hewan ternaknya. Berikut ini adalah cara atau metode dehorning yang biasa dilakukan oleh para peternak:

1. Dehorning Menggunakan Caustic Soda
Proses menghilangkan bakal tanduk hewan ternak dengan cara kimia ini memungkinkan untuk menghambat pertumbuhan tanduk secara perlahan. Hal ini disebabkan caustic soda bekerja sebagai perusak sel tanda, sehingga tunas tanduk tidak akan tumbuh. Metode yang satu ini ditujukan kepada hewan ternak yang baru lahir atau berumur kurang dari satu minggu. Dalam penggunaan metode caustic soda, peternak harus mengenakan sarung tangan agar bahan kimia tersebut tidak terpapar langsung oleh kulit, karena dapat menyebabkan bahaya pada kulit manusia.

2. Dehorning Menggunakan Besi Panas
Metode ini diperuntukan bagi hewan ternak yang masih berusia muda yaitu sekitar umur satu bulan. Alat yang digunakan pun bisa dengan besi panas, alat listrik, atau alat penghantar panas lainnya. Cara kerjanya cukup mudah, yaitu pipa besi yang sudah dipanaskan dengan api hingga ujungnya membara, ditempelkan ke bagian tunas tanduk hewan ternak. Sehingga tunas tanduk tersebut terhambat pertumbuhannya. Namun, jangan tempelkan pipa besi panas selama lebih dari 2 detik, karena akan berbahaya bagi sel-sel otak hewan ternak.

3. Dehorning Menggunakan Gergaji
Dehorning dengan alat gergaji merupakan cara yang ditujukan untuk hewan ternak dewasa. Hal ini dikarenakan pada hewan ternak dewasa tanduknya sudah tumbuh, sehingga untuk menghilangkan tanduk tersebut harus dengan cara dipotong menggunakan gergaji. Usahakan untuk mengikat dengan erat hewan ternak yang akan di dehorning, agar tidak berontak ketika dilakukan pemotongan tanduk.

Itulah beberapa metode dehorning yang dianggap paling aman untuk saat ini. cara dehorning ini juga cukup sederhana untuk dilakukan oleh para peternak.