Berbagai Macam Cara Identifikasi Ternak

Berbagai Macam Cara Identifikasi Ternak

Pemberian tanda pada ternak bertujuan untuk membedakan antara hewan satu dengan hewan lainnya. Identifikasi ini digunakan terutama untuk hewan yang mempunyai warna bulu dan bentuk tubuh yang mirip. Pemberian Tanda digunakan juga untuk membedakan hewan yang dipakai dalam penelitian, untuk recording (program breeding), tanda kepemilikan hewan kesayangan dan hewan yang di pelihara pada farm yang luas.

Teknik identifikasi hewan dibagi 2, yaitu secara tradisional dan modern. Teknik tradisional dengan cara membakar permukaan kulit di bagian belakang tubuhnya dengan besi pijar yang telah dipanaskan. Teknik ini sudah banyak ditinggalkan karena sulit dalam pengerjaan dan dapat melukai kulit ternak. Teknik yang modern diantaranya : tattooing, kalung nomor, branding, ear notching dan ear tagging.

Teknik Tatto, tatto ditempelkan pada daun telinga bagian dalam (medial) atau di pangkal ekor sebelah dalam yang tidak berbulu.Teknik ini bersifat permanen dan kelemahannya adalah tattoo harus dilihat dari dekat.

Kalung Nomor, Peternak biasanya lebih senang menggunakan teknik identifikasi dengan kalung nomor. Kalung nomor tersebut berbentuk plat nomor dan terbuat dari logam aluminium atau logam yang tidak berkarat. Kelebihannya adalah mudah dilihat dan tidak menyakiti ternak. Kelemahannya adalah kalung tersebut sering terlepas, mudah rusak dan hilang.

Branding merupakan teknik identifikasi paling lama yang dikenal di kalangan peternak. Teknik ini menggunakan besi stempel yang dipanaskan atau didinginkan pada suhu beku. Teknik ini bersifat permanen mampu melukai kulit hewan ternak.

Ear Notching, Pada teknik ini daun telinga digunting sebagian (proximal, tengah dan distal) untuk memberikan kode. Teknik ini kurang disukai peternak karena menyakiti hewan ternak. Sering dipakai pada ternak sapi, domba dan babi.

Teknik Ear Tagging yaitu dengan cara pemasangan nomor yang terbuat dari plastik keras elastis seperti memasang anting pada manusia. Teknik ini permanen sehingga tidak bisa dihapus atau dicopot. Eartag dipasang didaun telinga agar mudah untuk dilihat. Tehnik ini banyak digunakan oleh para peternak karena memiliki kelebihan diantaranya ialah memudahkan dalam proses recording/pencatatan, sebagai penanda ternak yang awet dan tahan lama, mudah dalam proses pemasangan, dapat dibeli dengan harga yang murah, mudah dibaca dan tidak mudah lepas/ rusak.