Bibit Sapi Terbaik untuk Usaha Sapi Anda

Bibit Sapi Terbaik untuk Usaha Sapi Anda

Memiliki usaha di bidang peternakan sapi memang sangat menguntungkan, apalagi menjelang bulan ramadhan dan lebaran seperti sekarang ini. Untuk memulai usaha ternak sapi, Anda harus memahami terlebih dahulu bagaimana seluk beluk dari usaha tersebut. Anda harus memikirkan bagaimana memilih bibit sapi terbaik untuk usaha sapi Anda agar tidak mengalami kerugian sampai dengan bagaimana merawat sapi-sapi tersebut agar tetap sehat. Pilihlah bibit sapi yang berkualitas dengan bibit yang berkualitas maka daging sapi potong yang dihasilkan pun akan sangat berkualitas.

Adapun kriteria yang harus Anda perhatikan dalam memilih bibit sapi terbaik yang pertama adalah dilihat dari ciri fisiknya. Bibit sapi yang bagus untuk dipilih adalah yang tampak segar, aktif, memiliki pertumbuhan yang normal dan pastinya dalam keadaan sehat. Bibit sapi yang sehat dan memiliki ciri fisik normal akan semakin optimal jika diberikan program penggemukan sehingga hasil dagingnya pun akan semakin banyak dan menguntungkan. Adapun yang dimaksud dari fisik yang sehat adalah bagian tubuh panjang dan tinggi bagian depan serta belakang sama dan memiliki dada lebar. Rangka tubuh yang dimiliki bibit sapi tersebut juga kokoh serta memiliki mata yang bersinar dan bulu yang pendek serta kering.

Selain kriteria fisik, ada beberapa kriteria lain yang harus diperhatikan. Kriteria yang kedua adalah umur dari bibit sapi tersebut. Baiknya untuk memulai usaha Anda memilih bibit sapi yang sedang berada di umur emas yakni 2 sampai 3 tahun. Kemudian kriteria yang terakhir adalah bibit sapi tersebut memiliki sistem pencernaan yang sehat dan lancar. Dari sistem pencernaan yang lancar Anda dapat mengetahui bahwa bagian atau organ dalam sapi tersebut sehat dan tidak terinfeksi virus penyakit.

Kriteria pemilihan bibit sapi tersebut tidak boleh sampai terlewat dari perhatian Anda ketika ingin memulai usaha ternak sapi. Bagi Anda yang baru merintis usaha ternak sapi harus hafal betul tentang kriteria-kriteria yang sudah disebutkan tadi demi memberikan sapi yang berkualitas tinggi kepada masyarakat.