Cacing Salah Satu Musuh yang Kadang Tak Terlihat pada Ternak

Cacing Salah Satu Musuh yang Kadang Tak Terlihat pada Ternak

Bagi peternak, cacing menjadi momok yang sangat menakutkan. Cacing salah satu musuh yang kadang tak terlihat pada ternak sudah menjadi kasus yang sering dialami oleh peternak. Oleh karena itulah kenapa mereka melakukan berbagai macam pencegahan untuk menanggulanginya. Cacing memberikan dampak yang buruk terhadap perkembangan ternak. Dimana pertumbuhan ternak bisa melambat dan sakit. Lebih parahnya lagi, ternak bisa mati karena cacing tersebut. Pada dasarnya, ada banyak hal yang menyebabkan hewan ternak terjangkit cacing. Beberapa diantaranya adalah pakan ternak, manajemen kandang, lingkungan sekitar, dan lain sebagainya.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan para ahli, setidaknya ada tiga jenis cacing berbahaya yang seringkali menyerang hewan ternak ruminansia. Diantaranya adalah haemonchus contortus, Neoascaria vitulorum dan Fasciola gigantica. Cacing yang paling banyak menimbulkan masalah dan kerugian adalah Fasciola gigantica. Dimana cacing tersebut bisa menyebabkan penurunan produksi susu, berat badan, masalah reproduksi dan kematian.

Tentu saja, hal ini akan memberikan efek yang buruk jika hati ternak di makan manusia dalam kondisi yang mentah atau tidak matang. Pada ternak kambing, masalah cacingan yang seringkali ditemukan disebabkan oleh cacing hati. Sedangkan pada ternak lainnya, cacing yang sering menyerang adalah cacing gelang. Ternak yang terkena cacing akan kehilangan berat badan hingga 16 kg ketika umurnya baru 12 minggu. Hal ini tentunya dapat membuat para peternak rugi besar. Masalah yang muncul adalah kurangnya ketersediaan obat cacing untuk ternak.

Obat cacing yang dijual saat ini biasanya hanya bisa membunuh cacing yang sudah dalam tahapan dewasa. Obat tersebut kurang efektif jika diberikan untuk membunuh telur atau larva cacing. Oleh karena itu, diperlukan adanya tindak pencegahan agar penularan cacing antar hewan ternak tidak terjadi. Caranya adalah dengan membebaskan hewan ternak dari parasit yang mungkin menjangkit baik secara internal maupun eksternal sebelum dimasukkan ke dalam kandang. Untuk manusia sendiri, sebaiknya masak daging sapi atau kambing dengan panas yang cukup hingga benar-benar matang. Karena proses pemanasan yang tepat sudah mampu membunuh cacing yang menyerang hewan ternak.