Cara Cerdas Memilih Kambing Qurban

Cara Cerdas Memilih Kambing Qurban

Bagi sebagian orang Indonesia, pastinya ada beberapa hal yang dipertimbangkan saat akan berkurban. Seperti, hewan apa yang akan diqurbankan, harga hewan tersebut, dan lain sebagainya. Kambing merupakan salah satu hewan yang paling sering diqurbankan. Tentunya kambing qurban tersebut harus memenuhi syarat agar bisa diqurbankan. Kemudian, dalam memilih hewan qurban, hendaknya perlu dilakukan dengan teliti ataupun dengan cermat agar saat dibagikan nanti, dagingnya tidak memiliki penyakit dan membahayakan orang banyak.

Lalu, bagaimana caranya mengetahui bahwa hewan yang dipilih benar benar berkualitas ataupun sehat? Dengan melakukan hal-hal berikut ini, Anda akan mendapatkan hewan kurban yang sesuai dengan keinginan. Pertama, periksa dengan menganalisa sejarah kambing yang ingin dibeli. Saat akan membeli kambing, Anda bisa menanyakan beberapa hal kepada sang penjual. Tanyakan keterangan tentang hewan tersebut dengan sejelas-jelasnya, dan pilihlah kambing yang keterangannya tidak meragukan. Kedua, periksa reflek terhadap rangsangan luar. Ya, hal yang satu ini sangat penting untuk dilakukan karena Anda bisa mengetahui apakah calon kambing qurban sedang sakit atau tidak. Kambing yang responnya kurang baik menandakan bahwa sedang tidak dalam kondisi yang baik.

Selain dua hal yang telah disebutkan diatas, yang bisa dilakukan selanjutnya adalah memeriksa kulit dan bulu. Periksalah kulit dan bulu hewan yang ingin dibeli guna memastikan apakah kambing tersebut memiliki luka atau penyakit kulit lainnya yang apabila di bagikan kepada para konsumen/penerima daging qurban, akan membahayakan kesehatan. Kemudian, cobalah untuk memeriksa feses. Kambing yang sehat pastinya memiliki feses yang padat dan tidak berdarah.

Nah, setelah mengetahui semua hal diatas mengenai bagaimana cara mengetahui hewan yang bebas dari penyakit, pastikanlah Anda memeriksa bagian-bagian yang disebutkan agar terhindar dari pembelian hewan yang tidak layak untuk diqurbankan. Sebagai hasilnya, Anda bukan hanya mendapatkan hal baik, akan tetapi juga turut menjaga dan peduli dengan kesehatan para penerima daging kambing qurban yang diberikan. Tentunya masih ada beberapa hal lagi yang harus diperiksa, tapi dalam ulasan ini, cukup yang sudah disebutkan diatas saja untuk diketahui.