Cara Mencegah dan Mengobati Ternak Kembung (Bloat)

Cara Mencegah dan Mengobati Ternak Kembung (Bloat)

Kembung (bloat) merupakan penyakit yang disebabkan oleh penimbunan gas di dalam lambung. Saat mengalami kembung, perut ternak akan membesar dan menggelembung. Ternak kembung dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah memakan hijauan pakan ternak yang basah ataupun berair. Selain itu, penyumbatan saluran pencernaan oleh benda asing juga dapat menimbulkan penyakit kembung. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan setiap pakan yang diberikan.

Pencegahan yang dapat dilakukan agar ternak Anda tidak mengalami kembung (bloat) dapat dilakukan dengan pemberian makanan dalam kondisi kering, atau setidaknya harus menjemur terlebih dahulu pakan hijauan yang akan Anda berikan. Dengan demikian, resiko ternak kembung akan sedikit terhindari. Selain itu, menggembala terlalu pagi perlu Anda hindari. Akan tetapi bagi Anda yang ternaknya terlanjur mengalami kembung (bloat), hendaklah mengobatinya dengan cara yang tepat. Apabila gejala kembung belum terlalu parah, Anda dapat membawa ternak lari-lari kecil di lapangan atau halaman luas, lakukan selama beberapa menit. Tunggu sampai ternak Anda sendawa, jika sudah, langkah selanjutnya adalah dengan memberikan pakan kering. Proses mengunyah inilah yang nantinya akan meredakan kembung yang melanda.

Jika gejala penyakit kembung semakin parah, Anda bisa melakukan beberapa hal. Pertama, yakni mengeluarkan gas dengan menusuk-nusuk perut bagian kiri menggunakan cannula dan trocoar. Namun, jika memang Anda tidak mampu mengatasi masalah ini, lebih baik minta bantuan dokter hewan yang pastinya lebih ahli. Pasalnya, meski kelihatan sepele, penyakit kembung dapat menjadi sangat berbahaya apabila tidak ditangani dengan tepat. Bahkan, penyakit ini bisa mengakibatkan kematian pada hewan ternak. Jadi, pencegahan dan pengobatan yang maksimal merupakan hal wajib bagi para peternak.

Berbagai gejala dapat bermunculan saat sebelum ternak mengalami kembung (bloat), tergantung bagaimana Anda mengatasi kondisi yang ada. Apabila penyakit ternak kembung yang dialami sudah sangat parah, alangkah baiknya jika Anda segera memotong binatang ternak tersebut. Hal ini untuk mengantisipasi kerugian secara materi. Umumnya, daging hewan yang terjangkit penyakit ini masih tergolong layak untuk dikonsumsi.