Cara Mengobati Kaki Bengkak / Keram pada Ternak

Cara Mengobati Kaki Bengkak / Keram pada Ternak

Hewan ternak akan rentan terkena penyakit apabila sistem kekebalan tubuhnya menurun ataupun tidak stabil. Salah satu penyakit yang dapat menjangkit ternak adalah kaki bengkak / keram. Mengobati ternak bengkak / keram adalah hal pertama yang perlu Anda lakukan. Sebenarnya penyakit yang dijelaskan diatas terdiri dari dua unsur. Dua unsur ini memiliki artian yang berbeda, bengkak sendiri bisa diakibatkan oleh kesleo, sehingga menyebabkan membengkaknya kaki ternak. Kemudian unsur yang kedua yakni keram, keram sendiri biasa terjadi apabila hewan ternak mengalami kelelahan yang sangat. Hal lain yang dapat menyebabkan keram adalah keadaan ternak yang kedinginan.

Penanganan yang harus dilakukan adalah dengan merendam kaki ternak dengan air hangat, hal ini dimaksudkan agar kondisi kaki ternak lebih rileks dan tidak kaku. Usahakan merendam dalam waktu yang lama. Anda bisa memanggil dokter untuk memeriksa dan memberikan obat kepada hewan ternak tersebut. Namun, biasanya hewan ternak yang diperiksakan akan mendapatkan suntikan, guna menyebarkan obat dalam tubuh sapi. Seperti halnya manusia, hewan juga membutuhkan suntikan pada tubuhnya yang sakit.

Dalam mengobati ternak bengkak / kram, haruslah Anda melakukannya dengan sungguh-sungguh. Agar penyakit yang ada dalam diri ternak Anda dapat terobati, haruslah Anda melakukannya dengan rutin. Setelah sapi kembali ke keadaan semula, Anda harus merawatnya dengan kesabaran. Pemberian makanan dan minuman yang higienis perlu dilakukan, dan janganlah suka membiarkan pakan ternak membusuk di kandang. Karena itu juga yang akan memicu timbulnya penyakit dalam diri ternak Anda.

Bengkak disini juga dapat disebabkan karena masuknya kuman tertentu kedalam tubuh ternak melalui kaki. Oleh sebab itu, mencegah timbulnya penyakit lebih mudah daripada Anda harus mengobati ternak bengkak / kram. Tanggung jawab Anda dalam memelihara akan berdampak pada kesehatan hewan ternak Anda, sehingga sangat diperlukan menjaga kesehatan ternak. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan memberikannya vitamin satu bulan sekali. Dengan demikian, kekuatan tubuh ternak akan terjaga dan tidak mudah lelah. Selamat mencoba.