Cara Mengobati Katarak Pada Sapi

Cara Mengobati Katarak Pada Sapi

Salah satu masalah yang sering mengganggu atau hinggap pada hewan ternak Anda adalah katarak. Tidak hanya manusia, ternyata hewan juga bisa terserang katarak pada indera penglihatannya. Seperti halnya pada manusia, katarak pada sapi juga menyebabkan penglihatan hewan tersebut terganggu. Sebagai peternak, sudah lazimnya Anda mengetahui bagaimana cara mengobati katarak pada sapi. Sehingga penyakit epidemik ini dapat segera teratasi dan tidak berbuntut panjang bahkan kebutaan.

Banyak faktor yang menyebabkan katarak pada sapi, salah satunya adalah muncul mikroorganisme pathogen, atau bisa juga ada benda asing yang masuk ke mata, bisa karena trauma. Bahkan tidak mampu beradaptasi dengan perubahan iklim. Faktor lain yang mempengaruhi bisa dari lalat, kelembaban, debu, banyaknya jumlah hewan dalam satu kandang, curah hujan yang tinggi dan beberapa faktor lain.

Adapun gejala yang biasanya timbul pada sapi adalah nafsu makan semakin berkurang, mengalami demam yang serius, dan bahkan bisa sampai depresi. Biasanya pada mata sapi akan keluar kotoran mata yang lama-lama akan menimbulkan kekeruhan pada kornea, mengalami konjunctivitis, dan keratitis. Masa inkubasi untuk penyakit ini sendiri bisa sampai 2 atau 3 hari, bahkan lebih. Diagnosa awal bisa dilihat ada tidaknya gejala mata merah atau kelopak mata yang makin membengkak.

Mata putih atau katarak bisa diawali dengan belek pada sapi yang tidak ditangani segera

Langkah yang dapat Anda ambil untuk pengobatan salah satunya adalah dengan beberapa antibiotic seperti salep mata sulfathiazole 5%, zink sulfat 2,5%. Atau dengan menggunakan campuran anti bakterial dengan anestesi lokal. Jika menginginkan pengobatan yang lebih mudah, maka cukup menggunakan furazone powder atau dengan penyuntikan LA 200 yang bisa diteteskan langsung pada mata. Cara ini tentu lebih ekonomis bagi Anda dan para peternak. Adapun cara lain dengan meneteskan air perasan jeruk nipis yang dicampurkan dengan antibiotik dan disemprotkan langsung pada mata yang bermasalah.

Namun seperti kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati, maka alangkah baiknya jika Anda memberikan pencegahan dini. Salah satu yang bisa dilakukan yakni dengan memberikan pakan yang tinggi kandungan vitamin A dan senantiasa menjaga kebersihan kandang dari hewan-hewan karier. Selain itu pisahkan antara hewan yang sehat dengan hewan yang terdiagnosis terkena katarak. Hal tersebut agar tidak menular pada sapi-sapi lainnya.