Cara Mengobati Luka Pada Kulit Sapi

Cara Mengobati Luka Pada Kulit Sapi

Hewan ternak seperti sapi dapat luka pada bagian tubuhnya terutama apabila sapi tersebut dipelihara dengan manajemen pemeliharaan yang kurang baik. Sering kali peternak mengetahui luka pada sapi ketika luka tersebut sudah parah. Sapi yang mengalami luka harus secepatnya ditangani dan dilakukan pengobatan agar luka tersebut tidak menjadi parah.

Tindakan yang harus dilakukan ketika terjadi luka pada sapi yaitu luka dibersihkan terlebih dahulu agar terhindar dari infeksi berbagai kuman. Pencucian luka dapat menggunakan air hangat bercampur antiseptic. Setelah luka dibersihkan dapat disemprotkan gusanex pada permukaan luka tersebut. Penggunaan gusanex selain mempercepat penyembuhan pada luka, juga dapat mencegah lalat mendekati luka yang dapat menyebabkan myasis (berkembangnya belatung).

Luka menjadi parah apabila disertai perobekan kulit yang lebar. Hal ini dapat ditangani dengan cara membersihkan luka terlebih dahulu dengan air dan antibotik, setelah itu dilakukan penjahitan pada luka. Penjahitan harus menggunakan jarum dan benang yang steril. Setelah dijahit semprotlah luka jahitan dengan obat luka spray seperti limoxin-25 spray untuk mempercepat penyembuhan pada luka.