Cara Mengobati Sakit Mata (Belekan) Pada Ternak dengan Mudah

Cara Mengobati Sakit Mata (Belekan) Pada Ternak dengan Mudah

Pada dunia peternakan kesehatan ternak sangat penting dijaga agar ternak merasa nyaman, sehat dan juga menampilkan performa terbaik. Penyakit mata pada sapi sering kali terjadi. Banyak faktor yang mempengaruhi penyakit mata pada sapi. Terlebih jika dalam kodisi cuaca yang tak menentu yakni hujan dan panas yang silih berganti. Penyakit mata belekan sering terjadi pada ternak sapi maupun kambing. Penyakit belekan meski tidak secara nyata menurunkan produksi susu dan perlambatan kenaikan bobot badan, namun peyakit mata mampu menurunkan harga jual yang signifikan. Hal tersebut bisa terjadi karena pembeli ketika membeli ternak merasa kurang puas atau merasa peternak kurang memperhatikan ternak yang dipelihara. Penyakit belekan yakni pada mata sapi terjadi belekan berwarna putih, kuning hingga kehijauan, yang dari tidak terlalu kental hingga menjadi kental. Pada penyakit belekan bisa memacu penyakit lain jika tidak ditangani yakni penyakit korengan.

Penanganan penyakit belekan sangat mudah dan sangat simple. Penyakit mata jika terjadi belekan yakni bisa memakai jeruk nipis dicampur dengan super tetra, kemudian disemprot pada mata sapi yang terjadi belekan. Penggunaan nya yakni jeruk nipis ΒΌ kg dicampur super tetra yang dibuka kapsulnya ( diambil serbuknya) sebanyak 4 kapsul. Cara yang lebih mudah dan lebih ampuh yakni menyemprot obat antibiotik Pen & Strep (antibiotik penicillin) dan campuran sedikit jeruk nipis. Dengan takaran jeruk nipis 2 buah dan obat Penstrep sebanyak 20ml. Obat Pen & Strep dicampur dengan perasan air jeruk lalu dicampur dan ditaruh pada alat semprot (bisa pakai spuit(alat suntik) atau pakai alat semprot burung). Pemberian obat itu bisa dilakukan selama 1-3 hari sampai belekan itu hilang. Cairan belekan yang menempel pada sapi dapat dilap hingga bersih dengan lap kering sehingga tidak terjadi korangan akibat belek yang dikerumuni oleh lalat atau nyamuk. Toko kami menyediakan campuran obat untuk mata yakni Pen & Strep dan juga jarum serta spuitnya, hub. kami di (0812-9123-2007).

Penyakit berikutnya yang sering terjadi adalah penyakit korengan pada sapi terutma daerah mata. Hal itu akibat adanya luka pada daerah mata yang mana tidak diobati atau dibiarkan sehingga luka tersebut dihinggapi lalat sehingga menjadi korengan. Penyakit mata yang sering kali ditemukan yakni penyakit korengan atau luka pada sekitar mata. Luka itu sungguh sangat membuat ternak sapi tidak nyaman. Obat luka atau korengan bisa memakai super tetra dicampur dengan salep nosib ( bisa dibeli di apotik). Satu salep nosib dicampur 2 kapsul super tetra kemudian diaduk dan dioleskan pada luka ternak.

Kebersihan kandang menjadi perhatian utama jika ternak sering terkena penyakit itu. Kandang harus rajin dibersihkan dan dibebas hamakan. Kontrol terhadap ternak penting dilakukan agar ternak sehat selalu, sehingga pertumbuhan serta produksi dapat optimal.