Cara Menjaga Peralatan Ternak agar Sapi Tetap Sehat

Cara Menjaga Peralatan Ternak agar Sapi Tetap Sehat

Peralatan ternak dan kandang yang bersih dapat mencegah timbulnya penyakit pada hewan ternak. Tidak hanya itu, peralatan yang bersih juga akan memberikan kenyamanan pada peternak dan ternaknya. Peralatan yang dipakai untuk beternak harus dibersihkan dengan baik. Ada baiknya jika pembersihan dilakukan setiap hari agar kotoran yang menempel pada peralatan beternak tidak termakan oleh sapi. Pembersihan juga dilakukan saat ada sisa jerami amoniasi yang menempel pada peralatan beternak. Peralatan yang dipakai untuk beternak hewan adalah ember, skop, parang, sabit, chopper, gunting kuku, drencing gun, rennet/pisau kuku, alat suntik dan lain sebagainya.

Salah satu Peralatan ternak yang harus dijaga kebersihannya adalah tempat minum dan akan sapi. Hal ini sangat penting agar kualitas pakan serta kebersihan air minum sapi tetap terjaga. Perlu diketahui bahwa jika kualitas air minum dan pakan sapi menurun, maka sapi akan mudah terserang penyakit. Hal ini tentunya akan sangat merugikan Anda sebagai seorang peternak.

Sisa pakan sapi yang tidak habis, bisa Anda manfaatkan kembali atau dibuang. Jangan sampai ada sisa pakan yang masih menempel pada peralatan hewan ternak karena jika dibiarkan secara terus menerus bisa menjadi busuk. Pembusukan ini tentunya dapat menyebabkan sapi mudah terserang penyakit. Pembersihan bisa dilakukan secara manual baik menggunakan skop kecil atau tangan.

Anda bisa membersihkan peralatan menggunakan lap kecil atau sikat. Pembersihan ini dilakukan agar tidak ada lumut atau kotoran yang menempel pada peralatan. Kegiatan sanitasi lainnya seperti menjaga kebersihan kandang, lingkungan dan peralatan beternak lainnya juga merupakan hal yang sangat penting. Sanitas peralatan dan kandang bisa mencegah sapi terjangkit penyakit yang disebabkan oleh parasit, bakteri dan virus. Anda bisa mencuci kandang dan peralatan dengan bersih menggunakan air lalu disemprotkan menggunakan desinfektan.

Ada banyak bahan yang bisa dipakai untuk melakukan sanitasi pada kandang serta peralatan ternak. Diantaranya adalah khlorin untuk membunuh bakteri dan virus, sabun untuk menghilangkan jasad renik, larutan NaOH untuk desinfektan peralatan dan lain sebagainya.