Cara Menolong Sapi yang Kembung/ Tympani

Cara Menolong Sapi yang Kembung/ Tympani

Kembung atau tympani pada sapi dapat menjadi hal yang membahayakan jika tidak segera ditangani dengan tepat. Kondisi sapi yang kembung tentu dapat menurunkan harga jualnya setelah dipotong, dan hal tersebut jelas merugikan para peternak. Untuk itu Anda perlu mengetahui cara menolong sapi yang kembung/tympani dengan tepat. Untuk menghindari kembung pada sapi, Anda perlu mengenali gejala awalnya terlebih dahulu. Dengan demikian, masalah ini bisa diselesaikan lebih cepat dengan cara yang tepat.

Perut bagian kiri lebih besar dibanding bagian kanan dilihat dari bagian belakang ternak.

Gejala awal sapi kembung yang terlihat adalah, perut bagian kiri sapi yang terlihat lebih besar, dan menjadi malas makan. Jika Anda menemui gejala ini, sebelum kondisinya menjadi semakin parah, untuk pertolongan pertama Anda bisa mengajak sapi berjalan atau lari kecil selama sekitar 30 hingga 90 menit. Hal ini dapat membantu sapi untuk mengeluarkan gas dari rumennya dengan bersendawa. Setelah sapi sendawa, segera berikan jerami kering agar dikunyah. Gerakan mengunyah juga dapat membuat sapi terangsang untuk cepat sendawa.

Bila sapi Anda sudah terkena tympani yang cukup parah, segera bawa sapi Anda ke dokter hewan untuk segera ditangani. Biasanya pihak medis akan mengeluarkan kotoran sapi dan gas dari rumen, serta diberikan beberapa vitamin untuk memulihkan kembali kondisi sapi. Untuk menghindari terjadinya kembung pada sapi, ketika Anda hendak memberi pakan rumput segar, jangan langsung diberikan. Simpanlah rumput segar sekitar 12 jam sebelum diberikan, agar kadar airnya berkurang. Hal ini dikarenakan rumput hijau yang masih segar memiliki banyak kandungan air, sehingga bila dimakan langsung oleh sapi bisa menyebabkan kembung.

Penyiangan rumput dilakukan untuk menurunkan kadar air dari rumput.

Sapi kembung juga bisa disebabkan oleh faktor lingkungan dan perubahan cuaca. Ketika sapi terlihat kembung, untuk segera menolongnya, perhatikanlah sapi Anda dengan lebih baik seperti jangan membiarkan sapi terkena panas terlalu lama, ataupun terkena hujan lebat. Selain itu, jika Anda hendak memberi pakan selain rumput, seperti pakan gaplek, pastikan kondisi pakan tersebut selalu dalam keadaan kering dan tidak lembab. Dengan beberapa pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan, tentunya dapat meminimalisir resiko sapi terkena kembung/tympani.

Konsetrat yang kering baik untuk meminimalisir ternak terkena tympani