Cara Praktis Membuat Biogas

Cara Praktis Membuat Biogas

Secara sederhana Biogas merupakan salah satu bahan bakar alternatif yang dapat diolah dari bahan-bahan organik. Ide membuat biogas muncul ketika terjadi lonjakan harga BBM yang semakin tinggi. Selain itu, ide juga termasuk salah satu solusi untuk mengatasi cadangan bahan bakar mentah yang kian hari kian menipis. Untuk itu, hadirnya Biogas dapat menjadi solusi atas kelangkaan bahan bakar dan juga dapat membantu masyarakat dengan perekonomian rendah.

Membuat Biogas bukanlah suatu hal yang sulit. Anda dapat memanfaatkan berbagai bahan organik yang dapat dijumpai di sekitar lingkungan Anda, misalnya kotoran hewan ternak. Biogas sendiri sebetulnya adalah gas yang berbentuk senyawa metana dan carbon dioksida yang mudah terbakar. Senyawa tersebut dapat di peroleh dengan melakukan serangkaian proses fermentasi terhadap bahan organik tersebut.

Jika Anda berminat untuk membuat bahan bakar alternatif satu ini, maka terlebih dahulu Anda harus menari sumber bahan organiknya. Misalnya dengan memanfaatkan kotoran hewan ternak Sapi yang ada di sekitar lingkungan Anda. Kemudian sediakan pula dua Ragi roti sebagai bahan pendukung fermentasi tersebut. Lengkapi pula barang pelengkap lainnya, seperti drum, pipa, selang, dan stop kran. Jika semua barang pelengkap sudah tersedia, maka Anda dapat melakukan proses instalasi terhadap barang-barang tersebut. Untuk proses instalasinya, Anda dapat mengetahuinya melalui Internet.

Selanjutnya siapkan adukan kotoran ternak Sapi yang campurkan dengan Air bersih. Perbandingan yang ideal adalah 1 banding 1. Kemudian tambahkan ragi roti untuk mempercepat terjadinya proses fermentasi. Setelah tercampur rata, masukan adukan tadi kedalam wadah yang telah Anda instalasi sebelumnya. Diamkan selama lebih kurang 2-3 minggu, agar proses fermentasi maksimal. Selanjutnya Biogas dapat Anda aplikasinya untuk keperluan dapur Anda.

Selain dapat menghasilkan Biogas, pemanfaatan kotoran sapi yang Anda lakukan juga dapat meningkatkan kualitas kesehatan lingkungan Anda. Biasanya kotoran sapi yang tersebar, akan menimbulkan bau tidak sedap. Tentu saja itu akan sangat mengganggu rutinitas keseharian Anda dan juga mencerminkan lingkungan yang kurang sehat. Oleh sebab itu, membuat Biogas dengan memanfaatkan kotoran ternak sapai adalah suatu hal yang bijak.