Domba Qurban atau Kambing Qurban?

Domba Qurban atau Kambing Qurban?

Dua hari besar umat muslim terjadi pada Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha. Idul Fitri dirayakan dengan silaturahmi antar umat muslim diutamakan yang sudah dikenal, identik dengan kue-kue atau makanan ringan yang berada di setiap rumah. Berbeda dengan Idul Fitri yang identik dengan mudik, Idul Adha adalah hari Raya umat muslim yang dirayakan dengan penyembelihan hewan-hewan yang sesuai dengan syariat islam. Contohnya: Domba Qurban, Sapi Qurban, atau Unta Qurban jika tersedia. Kedua hari tersebut dirayakan pada 1 syawal untuk Idul Fitri dan 10 Dzulhijah untuk Idul Adha. Kedua hari tersebut merupakan dua hari kemenangan untuk umat Muslim.

Pada umumnya orang Indonesia lebih sering berqurban dengan kambing atau sapi. Domba termasuk hewan yang jarang untuk diqurbankan, karena peternakannya yang jarang dijumpai di Indonesia. Domba dan Kambing merupakan hewan yang sejenis namun terlihat jelas perbedaannya, baik dari segi fisik dan manfaat. Lalu, lebih baik domba qurban atau kambing qurban?. Jika menurut syariat baik itu domba maupun kambing yang lebih baik adalah yang lebih gemuk, sehat, dagingnya banyak, dan bentuk fisiknya sempurna.

Jika dilihat dari segi fisik domba memiliki beberapa keunggulan dibanding kambing yaitu tidak berbau tajam, jadi memudahkan bagi ibu-ibu yang memasak daging domba tanpa harus menahan bau yang menyengat dari domba. Bulunya yang lebih tebal, jika di luar negeri bulu domba dimanfaatkan untuk pembuatan kain wol. Perkembangbiakan yang lebih cepat, domba mampu beranak 3 kali dalam 2 tahun dalam sekali beranak bisa 2 bayi domba. Bukankah lebih menguntungkan jika dalam 2 tahun kedepan satu domba mampu beranak sebanyak enam, bisa digunakan qurban untuk sekeluarga.

Tekstur daging yang lebih empuk, seratnya halus, enak, dan mudah dimasak membuat proses bakar-bakar atau pemasakan daging domba qurban terasa lebih nikmat.. Kadar air pada domba yang lebih rendah daripada kambing, hal ini telah diuji oleh tim peneliti departemen Gizi RI. Hal tersebut membuat daging domba sedikit penyusutan setelah disembelih, juga menambah nilai jual karkas domba yang lebih tinggi.