Domba Qurban, Banyak Manfaatnya!!

Domba Qurban, Banyak Manfaatnya!!

Siapa yang tidak kenal domba? Pasti semua orang sangatlah familiar dengan hewan yang satu ini. Pada waktu tertentu, hewan ini bisa dijadikan sebagai qurban. Pastinya, domba qurban haruslah sehat dan tidak memiliki cacat fisik sama sekali. Lalu, bagaimanakah ciri-ciri domba yang sehat itu? tentu saja bisa kita ketahui dengan cara melihat kondisi hewan tersebut, apakah cara berjalannya normal, atau pincang dan juga sebagainya.

Domba ataupun yang bisa disebut dalam bahasa latin Ovis merupakan Ruminansia dengan bulu yang tebal dan dipelihara atau digunakan sebagai qurban oleh banyak orang guna memanfaatkan bulunya atau yang diberi nama wol, susu, dan juga dagingnya. Dalam hal ini (qurban), hanya daging dan bagian-bagian lainnya (internal) dari domba yang akan dibagikan kepada masyarakat setempat. Nah, dengan hal-hal seperti ini, sangat penting untuk Anda memilih domba qurban yang terbaik.

Kemudian, Apabila kita berbicara mengenai daging domba. Ada banyak manfaat yang bisa didapat apabila dilihat dari kandungan gizinya. Tidakkah Anda ketahui bahwa daging domba memiliki kandungan energi yang tinggi? 100 gr daging, bisa mencapai sekitar 206 kkal. Dengan demikian, hal tersebut bisa meningkatkan energi kita dalam beraktifitas, juga mampu menjaga daya tahan tubuh. Lalu, selain memiliki kandungan energi yang tinggi, daging ini juga memiliki protein yang tinggi sehingga mampu untuk membentuk dan menambah massa otot, mengikat lemak, dan memperlancar pencernaan. Bukan hanya sekedar itu, selain mengandung energi dan protein yang tinggi, daging domba juga kaya akan kalsium.

Oleh karena itu, alangkah baiknya apabila Anda ingin berqurban tetapi tidak bisa memberikan hewan-hewan qurban lainnya seperti sapi ataupun lembu karena memang harganya relatif sangat mahal. Anda bisa memilih domba sebagai alternatif karena selain harganya murah, juga banyak manfaatnya bagi orang orang yang akan mengonsumsinya. Akan tetapi, bijaksanalah saat memilih-milih domba qurban yang akan diqurbankan karena hewan tersebut nantinya akan dinikmati oleh banyak orang. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda yang ingin berkurban domba.