Indigofera Pakan Alternatif untuk Hewan Ternak Bunting

Indigofera Pakan Alternatif untuk Hewan Ternak Bunting

Selama ini, masyarakat mengenal tanaman indigofera sebagai tanaman pendamping tanaman kopi yang berguna sebagai peneduh dan juga penyubur tanaman kopi. Namun siapa sangka kalau tanaman yang juga biasa disebut sebagai tanaman indigo ini adalah pakan yang sangat cocok untuk hewan ternak yang sedang bunting atau sedang mengandung anaknya. Alasannya adalah karena tanaman indigo mengandung sebagian besar nutrisi yang dibutuhkan oleh induk ternak yang sedang bunting.

Nutrisi yang dimiliki oleh tanaman indigo ini antara lain kandungan protein sebesar 30% persen. Di samping itu terdapat kandungan mineral yang cukup tinggi di dalam tanaman indigo yaitu fosfor sebanyak 0,18% dan kalsium sebesar 0,22%. Protein dan mineral ini sangat dibutuhkan oleh janin yang sedang dikandung oleh hewan ternak untuk tumbuh kembangnya. Tingkat kecernaan dari tanaman indigo atau tarum ini sangat tinggi yaitu sebesar 77%.

Tanaman indigofera sangat mudah ditemukan dan dikembangbiakkan, tanaman indigo ini dapat tumbuh dengan baik di tanah dengan ketinggian 1 sampai 1800 meter di atas permukaan laut. Yang terpenting adalah cukup sinar matahari dan tanah tempatnya tumbuh tidak memiliki kelembapan yang terlampau tinggi. Anda dapat menaman tanaman indigo ini sekali saja, jika sudah panen kemudian anda dapat memanennya lagi dalam kurun waktu 70-90 hari.

Tanaman tarum ini dapat dijadikan pakan hijauan alternatif atau pakan hijauan utama untuk hewan ternak di daerah kering karena tanaman yang satu ini sangat tahan terhadap cuaca kering. Hewan ternak juga lebih menyukai daun tarum ini karena rendahnya kandungan tanin di dalamnya. Tanin merupakan senyawa yang biasanya terdapat pada tanaman hijau, rasanya pahit dan kelat. Rasa ini tidak disukai hewan ternak.

Anda dapat menjadikan tanaman indigofera sebagai pakan utama untuk hewan ternak anda, terutama hewan yang sedang bunting atau menyusui karena kandungan nutrisi yang dimilikinya. Disamping itu, tanaman ini juga sangat mudah untuk ditanam dan tahan di segala jenis cuaca, utamanya saat kering. Anda tidak perlu ragu lagi