Jenis-Jenis Rumput Lapang Hijauan Pakan Ternak

Jenis-Jenis Rumput Lapang Hijauan Pakan Ternak

Pengertian rumput bagi orang awam pastilah mengacu pada rumput liar yang biasanya banyak hidup di sekitar tanaman lain dan kerap dianggap sebagai hama pengganggu. Akan tetapi, dalam dunia peternakan, rumput memiliki arti yang sangat penting. Khususnya sebagai pakan ternak. Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa jenis-jenis rumput lapang hijauan yang sering dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Mungkin sebagian dari kita sering kali melihat rumput-rumput ini di sekitar rumah. Apa saja jenis rumput lapang ini? Simak ulasan berikut.

Dari beberapa jenis rumput lapang, yang paling banyak ditemui adalah rumput pahitan. Rumput yang berasal dari Amerika ini merupakan salah satu rumput yang banyak ditemui di lapangan atau sekitar pohon. Di Indonesia sendiri, pahitan biasanya digunakan untuk pakan kerbau sehingga nama lainnya juga rumput kerbau. Tanaman ini bisa tumbuh hingga 40 cm dan sangat bagus jika ditanam di ketinghian 1700 mdpl.

Jenis-jenis rumput lapang selanjutnya yakni ada lamuran. Jenis rumput lapangan ini sangat mudah dijumpai di daerah tropis karena bisa beradaptasi di tanah berpasir maupun padas. Ciri khas rumput ini yakni tumbuh secara horizontal sehingga kerap digunakan sebagai rumput taman maupun lapangan sepakbola. Semakin dipangkas, rumput ini akan tumbuh dengan bagus sehingga cocok untuk para peternak yang ingin membudidayakan tanaman ini. Jenis rumput lapang selanjutnya yakni ada babadotan. Jenis rumput liar yang berasal dari Brasil ini memiliki daun yang hijau dengan bang yang lunak sehingga cocok untuk pakan ternak. Selain itu, babadotan juga terkenal memiliki manfaat yang bagus sebagai obat tradisional.

Beberapa rumput diatas adalah contoh dari jenis-jenis rumput lapang hijauan yang dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Anda dapat mencari rumput ini di tempat-tempat tertentu atau bisa juga membudidayakannya sebagai persediaan pakan untuk jangka waktu yang lama. Agar ternak dapat makan dengan sehat, maka Anda harus terbiasa untuk memberikan pakan rumput yang sesuai. Dengan demikian, hewan ternak akan lebih nyaman dalam memakan makanan yang disajikan pemiliknya.