Jenis-Jenis Rumput Terbaik untuk Pakan Ternak

Jenis-Jenis Rumput Terbaik untuk Pakan Ternak

Pakan ternak merupakan salah satu komoditas yang wajib ada jika Anda memiliki hewan ternak, baik dalam jumlah sedikit maupun banyak. Penyediaan pakan yang baik dan mempunyai kualitas tinggi akan berdampak pula pada kualitas hewan ternak yang Anda pelihara. Apalagi jika hewan ternak tersebut adalah sapi. Sebagai seorang peternak, tentu Anda sudah mengenal jenis-jenis rumput terbaik untuk pakan ternak yang tentunya tidak akan membuat sapi-sapi tersebut kurus. Ada beberapa jenis rumput yang sangat direkomendasikan untuk jadi pakan hewan ternak, terkhusus sapi. Jenis rumput tersebut antara lain:

1. Rumput Gajah
Rumput pakan terbaik yang sudah banyak dikenal adalah rumput gajah. Dengan tinggi bisa mencapai dua meter, rumput ini memiliki nilai gizi yang tinggi. Daya produksi rumput ini juga sangat pesat. Jadi tidak akan pernah kehabisan, apalagi jika menanamnya sendiri di halaman belakang rumah atau ladang.

2. Rumput Raja
Selain memiliki nilai gizi yang lebih tinggi dari sekian jenis rumput, rumput raja yang merupakan hasil persilangan dari rumput gajah ini juga tidak berbunga. Jadi produksinya tertuju pada daun-daun yang tumbuh lebat. Rumput jenis ini juga sering dinamai dengan king grass dengan ciri berdaun hijau tua. Adapun permukaan daun rumput jenis ini lebih kasar dan memiliki tulang daun lebih putih.

3. Rumput Benggala
Nama latin rumput ini adalah Panicum Maximus. Dengan kandungan gizi yang sangat bagus, rumput ini masih bisa tumbuh antara 1,8 sampai 2 meter. Ciri rumput benggala sendiri biasanya tumbuh tegak berumpun dengan daun halus dan lidah daun berbuku. Daunnya sendiri ada yang berwarna hijau, tapi juga ada yang kekuningan. Keunggulan rumput jenis ini adalah dapat tahan dengan cuaca ekstrim atau dataran yang kering.

Sebenarnya ada beberapa jenis rumput lain, yang juga dapat menjadi pilihan untuk pakan ternak Anda. seperti rumput setaria, branchiaria, dan jenis signal. Namun dari kesekian banyak jenis, ketiga rumput di atas memiliki nilai gizi lebih tinggi dari lainnya.