Jenis-jenis sapi asli Indonesia

Jenis-jenis sapi asli Indonesia

Negara kita Indonesia ini memiliki beragam jenis sapi yang unggul yang bisa dimanfaatkan sebagai ladang usaha atau bisnis. Beberapa jenis sapi unggul baik sapi potong ataupun sapi perah dimanfaatkan daging dan susunya sebagai sumber penghasilan. Adapun jenis-jenis sapi asli Indonesia yang unggul diantaranya adalah sapi Bali, sapi Madura, sapi PO (Peranakan Ongole), sapi Ongole, dan sapi Aceh. Selain dimanfaatkan susu dan dagingnya, masih banyak pula yang memanfaatkan sapi sebagai alat transportasi atau alat pembajak sawah.

Sapi Bali merupakan sapi pekerja dengan otot yang besar dan daya tahan tubuh yang sangat baik serta kuat. Sapi ini memiliki ciri khas yaitu memiliki kulit yang berwarna putih diantara kedua kaki bagian belakangnya. Jenis sapi selanjutnya adalah sapi Madura. Sapi yang merupakan jenis sapi pedaging dan pekerja ini memiliki sedikit punuk untuk yang jantan sedangkan yang betina tidak memilikinya. Warna dari sapi ini adalah warna merah bata baik jantan maupun betina.

Kemudian ada sapi PO yang merupakan singkatan dari kata Peranakan Ongole. Sapi ini termasuk salah satu dari jenis-jenis sapi asli Indonesia yang unggul. Sapi ini dikenal dengan sebutan sapi Jawa atau sapi putih. Sapi yang memiliki warna bulu putih keabu-abuan ini merupakan sapi hasil persilangan antara sapi Ongole dengan sapi Jawa. Sapi PO memiliki punuk dan gelambir besar yang menggantung.

Selanjutnya ada sapi Ongole yang dikenal dengan sebutan sapi SO atau singkatan dari Sumbawa Ongole karena dikembangkan di Pulau Sumbawa. Kelebihan dari sapi ini adalah bisa menahan lapar dan minum serta bisa diberi makanan yang sederhana. Lalu yang terakhir ada sapi Aceh yang termasuk jenis sapi dengan daya tahan tubuh yang kuat dan mudah diternak. Sapi Aceh ini mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan tropis serta memiliki produktivitas yang sangat baik. Dari lima jenis-jenis sapi asli Indonesia yang unggul sudah sepatutnya kita para pebisnis di bidang ini memanfaatkan dengan baik sumber daya yang kita miliki.