Jenis-jenis Sapi Lokal Asli yang Berkualitas

Jenis-jenis Sapi Lokal Asli yang Berkualitas

Dunia peternakan tidak dapat lepas dari ternak sapi, walaupun banyak daging sapi impor di pasaran, namun ternak sapi yang berasal dari dalam negeri juga perlu dikembangkan. Sapi lokal asli Indonesia memiliki banyak kelebihan dibandingkan sapi impor. Menurut Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan Kementan RI, daging sapi asli Indonesia memiliki kelebihan berupa struktur daging yang kenyal dan cocok dengan kuliner Indonesia. Kelebihan lainnya adalah tekstur dagingnya yang halus, serta termasuk jenis daging organik karena pola pemeliharaannya yang berada di padang rumput.

Jenis sapi lokal yang pertama adalah sapi Bali. Jenis sapi ini memiliki keunggulan berupa efisiensi reproduksi yang tinggi, persentase karkas yang mencapai 75% dan berkualitas baik, serta mampu beradaptasi dengan baik. Sapi ini juga mampu terbiasa dengan sumber pakan yang terbatas. Sapi Bali dapat dikenali dari kakinya yang ramping, tidak memiliki punuk, dan berwarna merah bata. Ciri-ciri lainnya adalah ada bulu hitam yang membentuk garis pada bagian atas tubuh, ukurannya yang sedang, dan dadanya yang dalam.

Sapi asli Indonesia lainnya adalah sapi Madura. Sapi yang memiliki warna merah bata dan paha belakang yang berwarna putih ini memiliki keunggulan diantaranya adalah mudah berbiak di mana saja, tahan penyakit, dan mudah dipelihara. Sapi ini juga mampu untuk diberi pakan yang berkualitas rendah.

Sapi khas Indonesia yang berkualitas selanjutnya adalah sapi Aceh. Sapi yang memiliki daya adaptasi serta daya tahan tubuh ini memiliki keunggulan dari segi kualitas daging. Serat daging dari sapi ini padat dan teksturnya halus. Kelebihannya dibandingkan sapi lain adalah tingkat reproduksinya yang tidak turun walaupun kekurangan makanan. Dalam kondisi cuaca yang buruk pun hewan ini dapat bertahan dengan baik. Warna dominan dari sapi Aceh adalah merah bata, dengan ciri-ciri fisik lainnya yaitu memiliki punuk. Itulah beberapa jenis sapi lokal asli yang berkualitas yang dapat anda budidayakan sebagai alternatif dari sapi impor ataupun silangan. Tidak perlu takut merugi karena jenis-jenis ternak asli Indonesia pun memiliki kualitas hewan dan daging yang baik.