Jenis Penyakit dan Obat Hewan Ternak Alami

Jenis Penyakit dan Obat Hewan Ternak Alami

Memiliki ternak yang sehat tentu menjadi keinginan setiap peternak. Hal ini karena dengan ternak sehat, maka harga jualnya pun akan semakin baik. Berbicara mengenai kesehatan ternak, terkadang karena faktor tertentu baik kelalaian pemilik ternak atau penyakit yang menyerang ternak, tentu dibutuhkan obat-obatan untuk mengatasi penyakit tersebut. Obat hewan ternak sendiri dapat menggunakan obat-obatan kimia atau obat alami. Nah, untuk itu, berikut beberapa ulasan tentang penyakit yang sering menyerang ternak serta cara mengobatinya.

Pertama, penyakit cacingan. Penyakit ini memang paling sering menyerang ternak seperti sapi dan kambing. Ciri-ciri ternak terserang cacingan adalah perut hewan tampak semakin buncit namun tubuh kurus, gangguan pada pencernaan hewan, serta bulu ternak yang tampak kusut dan mudah rontok. Adapun Obat hewan ternak alami untuk penyakit cacingan adalah buah pinang. Caranya yakni bersihkan buah pinang muda. Setelah itu, ambillah air dari buah tersebut dan minumkan pada ternak.

Penyakit yang kedua adalah diare. Penyebab diare sebenarnya juga merupakan akibat dari cacingan. Namun, terkadang diare disebabkan oleh kuman dan bakteri yang ada pada pakan ternak. Biasanya ciri-cirinya adalah mata ternak terlihat lebih sayu, nafsu makan menghilang, badan ternak lemas, dan kotoran ternak berwarna hijau kehitaman. Adapun obat alami yang dapat digunakan adalah garam oralit. Obat ini memang telah turun temurun berkhasiat untuk mengobati diare ternak. Caranya pun cukup mudah. Campur satu sendok makan garam oralit dengan 2 liter air matang dan minumkan pada ternak selama sekali sehari sampai sembuh.

Penyakit yang selanjutnya adalah keracunan. Sebenarnya keracunan tidak dapat dikategorikan sebagai penyakit, namun untuk berjaga-jaga, sebaiknya peternak juga tahu obat alami untuk mengatasi keracunan. Ciri-ciri ternak mengalami keracunan adalah keluar busa pada mulut ternak, kejang-kejang, muncul selaput lendir pada mulut dan mata, dan kulit ternak mengalami pengelupasan dan kerontokan bulu. Untuk mengobatinya, cukup minumkan air kelapa muda hingga ternak muntah. Hal ini bertujuan agar semua racun dalam tubuh ternak dapat dikeluarkan. Itulah beberapa penyakit serta Obat hewan ternak alami yang harus diketahui. Semoga ulasan ini bermanfaat.