Ada banyak sekali bangsa sapi di dunia, beberapa yang umum dijumpai diĀ indonesia adalah :

1. Sapi Limousine

Sapi Limousine

Sapi Limousin berwarna merah keemasan, merupakan bangsa sapi tipe potong. Sapi ini berasar dari eropa daratan. Berat rata-rata sapi dewasa sekitar 590 Kg. Sapi limosin merupakan sapi yang penampilannya sangat berotot, sehingga menjadi idola dari jenis sapi potong.

 

2. Sapi Simmental

sapi simmental qurban

Sapi simental berasal dari swiss. Warna sapi ini didominasi merah dan putih. warna merah bervariasi dari kuning muda sampai merah tua. Bobot dewasa berkisar 680 Kg. Sapi simmetal juga banyak digunakan sabagai sapi potong sebagaimana sapi limousin.

 

3. Sapi Peranakan Onggole (PO)

sapi.po

Sapi PO merupakan persilangan antara sapi Onggole dari india dengan sapi lokal di jawa. Sapi ini berwarna putih dengan punuk. Sapi ini umum digunakan sebagai sapi pekerja dan angkutan di pilau jawa.

 

4. Sapi Bali

Sapi Bali qurban

Bos sondaicus) yang telah dijinakkan. Sapi ini banyak terdapat di pulau bali. Berat jantan bisa mencapai 360 Kg sedangkan betina bisa mencapai 272 Kg. Anak sapi bali berwarna coklat muda, sedangkan warna sapi jantan dewasa berubah menjadi coklat kehitaman. Pada pantat terdapat belang putih, baik pada sapi jantan maupun betina.

 

5. Sapi Madura

sapi.madura

 

 

 

 

 

 

 

Sapi Madura berasal dari pulau madura. Merupakan hasil persilangan sapi zebu asal india dengan banteng. Tubuh dan tanduknya relatif kecil dari sapi bali. Bobot sapi jantan dewasa bisa mencapai 249 Kg sedangkan betina dewasa bisa mencapai 204 kg. Warna sapi jantan maupun betina adalah coklat kemerahan. Kaki dibawah lutut berwarna putih atau hampir putih.

 

6. Sapi Kupang

sapi.kupang

Sapi kupang banyak terdapat di kupang, NTT. Sapi ini mirip dengan sapi bali hanya saja sapi ini memiliki kulit yang lebih tebal. Di kupang sapi ini dipelihara dengan cara dilepas, dan mulai ditangkapi ketika akan di panen.

 

7. Sapi Bima

sapi.bima

Seperti sapi kupang, hanya saja sapi bima terdapat di Bima, NTB. Warna sapi bima lebih merah dari sapi kupang. Seperti sapi kupang, sapi bima juga diperlihara dengan cara dilepaskan.

 

8. Sapi Brahman

9. Sapi Sumbawa Onggole (SO)

dll…