Jual Sapi Bakalan, Bibit Unggul yang Menguntungkan

Jual Sapi Bakalan, Bibit Unggul yang Menguntungkan

Bagi yang belum mengenal apa itu sapi bakalan, secara umum dapat didefinisikan sebagai sapi yang cukup matang untuk ditempatkan di penggemukan dan dipersiapkan untuk disembelih. Banyak orang yang memilih bisnis penggemukan sapi dibanding harus mengurusi ternak sapi dari mulai pengembangbiakan hingga dewasa. Menggemukkan sapi dari sapi bakalan lebih sederhana. Jual sapi bakalan secara online pun sudah semakin marak. Jika Anda memang telah menekuni peternakan sapi sejak lama dan memahami proses pengembangbiakannya bisa memilih bibit sapi yang unggul sebelum dijualnya sebagai sapi bakalan.

Lalu jenis sapi apa saja yang cocok untuk dipilih sebagai sapi bakalan? Sapi hasil dari perkawinan silang jenis Brahman, Angus, atau sapi Bali bisa dijadikan alternatif pilihan. Dari bentuk badan perlu dipilih yang memiliki postur panjang dan berdiri dengan kokoh. Jual sapi bakalan yang nantinya setelah gemuk akan dipotong bisa dipilih yang memiliki berat sekitar 300 – 400 kg. Dengan masa penggemukan yang normal yaitu sekitar 3 – 4 bulan.

Tulang punggung sapi bakalan yang baik adalah lurus dan kuat. Karena tulang punggung adalah penahan utama perut, jadi nanti ketika menjalani masa penggemukan tulangnya akan mampu menahan beban perut yang besar. Pemilihan dengan ciri fisik ini menjadi penting agar supaya Anda mendapatkan keuntungan yang maksimal ketika sapi telah menjalani masa penggemukan dan siap untuk dipotong.

Sapi bakalan jelas merupakan jenis sapi pedaging. Maka sapi yang memang secara sistem reproduksinya kurang bagus bisa dipilih sebagai sapi bakalan. Untuk sapi betina yang memiliki potensi penghasil susu jangan dipilih sebagai sapi bakalan. Lalu bagaimana dengan sapi jantan yang dipilih sebagai sapi bakalan? Jual sapi bakalan sebagai calon sapi pedaging bisa dipilih sapi jantan jika perbandingan antara jantan dan betina memang lebih banyak yang jantan. Namun bukan berarti sapi betina juga tidak bisa dipilih sebagai sapi bakalan. Yang jelas dari setiap peternakan sapi lihat dulu populasinya dan kemampuan reproduksinya. Sapi bakalan bukanlah sapi perah.