Kambing Korban menjadi Primadona Menjelang Hari Raya

Kambing Korban menjadi Primadona Menjelang Hari Raya

Kambing merupakan salah satu binatang ternak yang diperbolehkan untuk disembelih pada saat Idul Adha. Apalagi jika sudah mendekati hari raya, kebutuhan akan kambing korban ini akan melesat tajam di pasar. Tidak hanya jumlahnya yang banyak, harga yang ditawarkan pun ikut meningkat. Harga jual bisa jadi dua kali lipat dari harga normal. Bahkan untuk memenuhi permintaan pasar, binatang korban ini tidak hanya dijual di pasar ternak tetapi juga secara online.

Ada beberapa jenis kambing korban yang umum diperjualbelikan, yaitu kambing gibas, kambing kacang, kambing etawa, dan kambing peranakan etawa (PE). Kambing gibas adalah kambing yang berbulu tebal, gimbal, dan umumnya berwarna putih serta memiliki jenis ekor tipis dan ekor gemuk. Kambing kacang disebut juga dengan kambing Jawa yang memiliki warna bulu yang bervariasi dari putih, hitam, dan cokelat dengan bulu yang pendek. Jenis kambing etawa berasal dari India yang memiliki badan besar dan terdiri dari dua tipe yaitu kambing yang diambil dagingnya dan penghasil susu. Untuk kambing PE merupakan kambing yang berasal dari hasil kawin silang antara kambing etawa betina dan kambing kacang jantan.

Keputusan membeli kambing jenis apa tergantung dari budget yang dimiliki pembeli. Pemilihan kambing juga harus sesuai dengan ciri-ciri kambing yang baik. Ciri-ciri kambing yang baik untuk korban yaitu pertama, tidak cacat seperti buta, berkaki pincang, dan kurus sampai tidak mempunyai sumsum tulang. Kedua, kambing sudah memenuhi usia 1 tahun. Ketiga, memiliki fisik yang sehat, bentuknya bagus, matanya jernih, dan dagingnya banyak. Keempat, kambing yang dikorbankan diperoleh secara halal bukan hasil curian dan rampok serta bukan milik dua orang yang berserikat, kecuali sudah mendapat izin.

Kambing diminati sebagai binatang korban karena harganya lebih murah dibandingkan sapi. Harga kambing yang dijual didasarkan pada kondisi fisik dan jenis kambing. Mulai dari penampilan badan, panjang tubuh, berat badan, dan tanduk yang sesuai dengan ciri-ciri kambing korban yang baik akan berpengaruh pada harga jual. Kambing yang sehat dengan fisik mumpuni akan menjadi primadona binatang korban menjelang Idul Adha.