Kandang Sapi untuk Sapi Perah

Kandang Sapi untuk Sapi Perah

Supaya menghasilkan kualitas sapi dan susu yang baik, kandang sapi adalah salah satu faktor yang berperan penting dalam hal ini. Fungsi dari kandang bagi ternak adalah sebagai tempat perlindungan baik itu dari cuaca ataupun hewan liar. Sedangkan bagi peternak, kandang berfungsi untuk melakukan pengecekan kesehatan serta mempermudah tatalaksana pemeliharaan. Penanganan kotoran, kesehatan, dan tentunya pemberian pakan dan minum adalah bagian dari hal tersebut. Oleh karena itu, diperlukan penataan kandang yang baik supaya menghasilkan kualitas produk ternak yang baik pula.

Kandang yang baik haruslah memenuhi beberapa syarat yang dapat memudahkan peternak dalam melakukan pekerjaannya. Syarat yang pertama adalah dekat dengan sumber pakan, karena sekitar 75% dari biaya peternakan adalah dihabiskan untuk pakan. Akan lebih baik, hemat, dan memudahkan jika kandang ternak sapi perah ditempatkan di dekan sumber pakan alami seperti rumput-rumputan, jerami, ataupun leguminosa. Selain dekat dari sumber pakan, sebaiknya kandang sapi dibangun di dekat sumber air juga. Hal tersebut akan memudahkan aktivitas pemberian minum, membersihkan kandang, ataupun mengairi tanaman pakan.

Bibit penyakit akan tumbuh subur di kandang yang terdapat genangan air, sehingga sebaiknya di dalam ataupun sekitar kandang tidak ada genangan air. Hal tersebut juga dapat disiasati dengan membangun kandang di tempat yang lebih tinggi dari sekitarnya, sehingga air akan mengalir dan tidak menggenang. Lokasi dan desain kandang hendaknya memiliki transportasi yang baik. Hal ini berfungsi untuk memudahkan perpindahan pakan, hewan, ataupun peralatan ternak.

Desain dan konstruksi kandang juga perlu diperhitungkan. Lantai tidak boleh kasar untuk mencegah sapi perah lecet, dinding harus dibuat sedemikian rupa sehingga memungkinkan cahaya dan udara untuk masuk, serta pemilihan desain yang tepat, karena kandang untuk sapi perah tunggal dan koloni adalah berbeda. Peralatan di dalam kandang ternak juga perlu dilengkapi, seperti sapu, sekop, ember, chopper, hingga peralatan kesehatan seperti gunting kuku ataupun drenching gun. Hal-hal di atas adalah syarat-syarat untuk kandang sapi yang baik. Perlu diingat bahwa dengan kandang yang baik, produk yang dihasilkan juga semakin baik, begitu pula dengan usaha ternak Anda.