Kelor Pohon Ajaib Kaya Manfaat Bagi Manusia dan Ternak

Kelor Pohon Ajaib Kaya Manfaat Bagi Manusia dan Ternak

Kelor (Moringa Oleifera Lam) pohon yang mampu hidup selama hampir 20 tahun, kelor merupakan salah satu tanaman yang sering dimanfaatkan. Kelor bermanfaat baik untuk manusia maupun hewan ternak. Di Indonesia kelor biasa di tanam sebagai pagar hidup, ditanam sebagai tanaman penghijauan, serta ditemukan di lading dan di tepi sawah. Tanaman kelor kaya akan pro vit A dan C, terutama β karoten yang nanti akan diubah menjadi vit A dalam tubuh manusia (Bharali,2003). Kelor juga memiliki kandungan senyawa glukosianat dan isotiosianat yang berperan sebagai hipotesif, anti kanker, penghambat aktivitas bakteri dan jamur (anwar et al.,2007). Kandungan daun kelor yakni Vit A (6,8mg), kalsium (440mg), kalium (259mg), protein (6,7gr), dan vitamin C (220mg).

Daun kelor untuk kesehatan bermanfaat untuk mengobati sariawan karena kandungan vitamin c yang tinggi, menjaga kesehatan otak Karena kandungan potassium yang tinggi, menjaga kesehatan mata Karena kandungan vitamin A yang tinggi, sert amampu mencegah osteoporosis Karena kandungan kalsium yang tinggi. Tanaman kelor sering dimanfaatkan untuk memperbaiki lahan kritis yakni ditanam sebagai tanaman pagar dan pembatas tanah. Kelor mampu menyimpan air dan menahan erosi sehingga mampu mencegah tanah longsor. Kualitas tanah yang buruk dapat diperbaiki oleh daun tanaman kelor yang jatuh.

Tanaman kelor juga digunakan untuk pertanian serta peternakan. Menurut Mathur 2006, tanaman kelor mampu meningkatkan bobot badan hingga 32% dan mampu menaikkan produksi susu hingga 43-65%. Kelor yang kaya akan zat besi, vitamin, kalium, dan kalsium mampu meningkatkan produksi susu serta daya cerna pada sapi perah.

 

http://sapi.co.id/store/benih-kelor/