Keunggulan yang dimiliki sapi shorthorn

Keunggulan yang dimiliki sapi shorthorn

Jaman sekarang orang-orang berlomba untuk mencari peluang dan mengembangkan usaha mereka. Salah satu usaha yang menjanjikan adalah ternak sapi. Namun, sebelum menjalankan usaha ini kita perlu tahu tentang jenis-jenis sapi yang berkualitas untuk dijual. Adapun sapi yang bisa membantu kita meraih keuntungan yang besar adalah sapi shorthorn. Sapi ini adalah sapi yang dikembangkan di Inggris.

Ciri-ciri dari sapi ini adalah memiliki kepala yang pendek dan sangat lebar. Sapi yang memiliki berat bisa mencapai 850kg untuk betina dan 1100kg untuk jantan ini dianggap sebagai sapi yang memiliki kualitas yang unggul. Dikatakan unggul karena sapi jenis ini mampu menghasilkan susu dengan jumlah yang lebih banyak dan kualitas yang baik. Selain itu, dagingnya juga termasuk jenis daging yang bagus. Sungguh suatu peluang besar untuk meraih keuntungan dari sapi ternak tersebut.

Sapi shorthon awalnya diekspor dari Inggris ke Amerika pada tahun 1780. Sapi ini mampu dengan baik menyesuaikan diri dengan lingkungan yang berbeda. Pada awalnya, sapi ini adalah jenis sapi perah yang dimanfaatkan hanya susunya, namun setelah dilakukan pengembangan dan proses persilangan akhirnya sapi ini menjadi jenis sapi potong yang banyak diternak dan dijual. Dengan tingkat kesuburan yang tinggi serta memiliki temperamen yang baik kita bisa dengan mudah mengembangkannya. Selain itu, sapi yang dikenal memiliki daging yang tebal ini juga memiliki sifat keindukan yang baik. Hal ini sudah cukup menjadi alasan untuk memilih sapi jenis ini sebagai sapi ternak.

Sapi yang dikembangkan di daerah Northumberland ini memiliki tanduk yang pendek menjulur ke arah samping, memiliki bahu yang lebar, dan bidang dada yang rata. Meskipun anakannya kecil, tetapi sapi jenis ini memiliki pertumbuhan yang sangat cepat. Ada beberapa ciri lain dari sapi shorthorn diantaranya adalah memiliki bulu yang berwarna putih, cokelat tua atau cokelat bata, serta memiliki bentuk pinggang yang lebar. Sapi ini memiliki tingkat emosi yang sangat baik sehingga tidak begitu sulit dalam proses ternaknya.