Kriteria dan Syarat-syarat Sapi Qurban

Kriteria dan Syarat-syarat Sapi Qurban

Sapi merupakan salah satu hewan yang diperbolehkan untuk diqurbankan yang tingkatannya dibawah unta dan diatas kambing. Sapi biasanya diqurbankan dengan cara serikat atau gabungan, dimana jumlah maksimal patungan sebanyak 7 orang. Namun, boleh juga ketika sapi diqurbankan hanya diperuntukkan untuk seorang individu. Namun, dikutip dari sebuah hadist bahwa kambing qurban lebih afdhol dibanding sapi qurban. Karena jika dilihat dari segi manfaat, kambing jauh lebih banyak manfaatnya dibanding sapi. Selain itu, jika dibandingkan proses penyembelihan antara seekor sapi dan 7 ekor kambing yaitu kambing yang cenderung lama, sehingga menimbulkan manfaat yang lebih untuk orang-orang yang merasakannya. Namun, daging yang berasal dari hewan qurban berwarna putih lebih baik daripada daging dari hewan berwarna hitam.

Terdapat 3 syarat wajib untuk hewan qurban yaitu: berupa Bahimatul An’am, memenuhi usia minimal sesuai syari’at, dan bebas aib atau cacat. Adapun kriteria dan syarat-syarat diperbolehkan sapi untuk diqurbankan yaitu: Usia musinnah sapi yaitu 2 tahun. Kriteria bebas cacat dari sapi qurban, antara lain: Tidak buta sebelah yang jelas butanya. Jika belum jelas butanya, maka masih diperbolehkan karena manusia yang melihat sapi buta mata belum jelas maka terlihat belum buta, maka menurut mahdzab syafi’i diperbolehkan untuk diqurbankan. Begitupun juga bebas sakit yang belum jelas.

Jika pincang dan belum jelas cacat kakinya, karena jika sapi cacat kaki tapi masih bisa berjalan berarti sapi masih layak untuk diqurbankan. Menjauhi sapi yang kurus bahkan tidak memiliki sumsun, sapi dengan berat badan sesuai dengan syariat yang baik untuk diqurbankan. Yang paling utama syarat sapi dapat diqurbankan yaitu milik sendiri bukan menipu bahkan mencuri.

Perlu Anda tahu? Bahwa kerbau termasuk bagian sapi, sehingga jika ternak yang dimiliki kerbau maka diperbolehkan untuk qurban dengan prasyarat yang sama dengan sapi. Yang lebih utama lagi adalah memilih hewan qurban yang lebih banyak manfaatnya, mau itu sapi qurban, unta qurban, domba qurban atau kambing qurban.