Maksimalkan Ransum Ternak Anda dengan Penambahan Pakan Ampas Tahu

Maksimalkan Ransum Ternak Anda dengan Penambahan Pakan Ampas Tahu

Tingginya harga pakan ternak konsentrat membuat para peternak harus mencari alternatif dalam memberikan nutrisi bagi ternak mereka. Salah satu alternatif tersebut adalah dengan menggunakan ampas tahu. Ampas tahu merupakan sebuah limbah dari sisa pembuatan tahu yang dijual dengan harga yang murah dan sangat mudah didapat. Tidak kalah dengan pakan konsentrat, jenis ini juga dapat memberikan nutrisi yang baik pada ternak. Maksimalkan ransum ternak Anda dengan penambahan pakan ampas tahu karena telah terbukti mengandung 393 kal energi; 4,9 gram air; 17,4 gram protein; 5,9 gram lemak; 67,5 gram karbohidrat; 19 gram kalsium; 4,3 gram mineral; 29 gram fosfor; 4 mg zat besi; dan 0,2 mg vitamin.

Ampas tahu merupakan limbah dari pengolahan pabrik tahu

Ampas tahu mengandung protein kasar sebesar 27,55% dan oleh sebab itulah jenis pakan ini dapat berfungsi sebagai sumber protein utama bagi ternak. Tak hanya tinggi protein, ampas tahu juga mengandung 7,11% serat kasar, dan 44,50% BETN. Dapat dikatakan bahwa kandungan protein yang ada pada pakan ini hampir sama dengan kandungan protein pada kacang hijau. Namun kekurangannya adalah bahwa ampas tahu tidak dapat bertahan lama karena kandungan airnya yang tinggi. Selain itu, pada unggas dikhawatirkan kandungan asam fitatnya berbahaya bagi kesehatan. Namun, hal itu tidak berlaku pada ruminansia. Asam fitat yang ada pada ampas tahu dapat dihidrolisis secara sempurna oleh mikroba rumen yang dapat menghasilkan enzim fitate untuk membantu proses hidrolisis.

Ampas tahu bisa diberikan pada ternak secara langsung atau dengan campuran konsentrat.

Ampas tahu bisa diberikan langsung pada ternak ataupu dengan mencampurkan pucuk tebu atau tetes tebu dengan ampas tahu. Kemudian dibentuk dalam bentuk silase sehingga dapat disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama. Untuk takaran pemberiannya, peternak dapat memberikan sesuai kebutuhan, namun pastinya jumlah takaran yang berbeda-beda tersebut akan mempengaruhi performance dan kandungan lemak yang ada pada hewan ternak.

Ampas tahu dapat menurunkan kadar kolesterol pada ternak namun jika digunakan dalam level 20% pada pakan, maka dapat meningkatkan bobot dan pertumbuhan karkas. Tidak ada salahnya untuk memaksimalkan nutrisi pada ternak Anda melalui penggunaan ampas tahu karena selain tinggi protein, ampas tahu juga memiliki banyak nutrisi yang dapat memenuhi segala kebutuhan ternak.