Manfaat dari Vitamin B Kompleks Pada Ternak

Manfaat dari Vitamin B Kompleks Pada Ternak

Hewan ternak yang bernutrisi tentu saja akan memiliki harga jual yang tinggi. Oleh sebab itulah, pemberian nutrisi gencar dilakukan oleh para peternak dan tidak terkecuali pada pemberian vitamin B kompleks. Manfaat pemberian vitamin b kompleks pada ternak sangatlah banyak karena jenis vitamin ini merupakan sebuah kombinasi dari vitamin B1, B2, B6, B12, Nikotamid, D Pantenol, Kolin, Klorid, dan Biotin. Masing-masing vitamin tersebut memiliki kandungan yang bersinergis satu sama lain dan mendukung aktivitas ternak. Adapun manfaat tersebut antara lain:

1. Vitamin b kompleks mampu mencegah stress pada ternak akibat pengangkutan maupun perubahan cuaca. Sehingga bobot ternak tidak akan berkurang drastis akibat kedua hal tersebut. Vitamin B dengan struktur-strukturnya mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh ternak menjadi lebih fit sekalipun seharian berada di luar ruangan.

2. Adanya vitamin b kompleks dapat memperbaiki kemampuan konversi pakan yang dimiliki oleh ternak. Hal ini dapat membantu ternak mendapatkan penyerapan nutrisi yang lebih baik. Tak hanya itu, efek ini akan berdampak pada kenaikan berat badan ternak serta komposisi dagingnya. Tentu saja dengan penyerapan nutrisi yang baik, penampilan ternak menjadi lebih baik dan gagah. Ternak yang tidak lesu dan sehat tentu menjadi dambaan setiap orang.

3. Pemberian vitamin B kompleks secara teratur dapat mencegah defisiensi vitamin yang mana hal tersebut dapat mempengaruhi kesehatan dan pertumbuhan ternak. Di samping itu, konsumsi vitamin B kompleks secara teratur juga membantu ternak untuk mengoptimalkan fungsi fisiologisnya. Ternak menjadi aktif, lincah, dan sehat.

Dengan berbagai manfaat tersebut, diharapkan para peternak tidak melewatkan pemberian vitamin B kompleks dalam keseharian ternak mereka. Adapun cara pemberian beserta dosis yang dianjurkan sebaiknya memang diperhatikan dan dipelajari lebih lanjut sekalipun jenis vitamin ini minim efek samping. Hanya dengan memperhatikan asupan nutrisi bagi ternak, maka untuk mendapatkan ternak yang sehat dan berkualitas bukanlah sekedar angan-angan. Jenis vitamin B kompleks banyak dijual di toko-toko ternak dan jangan lupa untuk memberikannya pada ternak sesuai anjuran.