Manfaat Menggunakan Biogas dari Ternak

Manfaat Menggunakan Biogas dari Ternak

Biogas adalah salah satu sumber energi alternatif yang dapat menggantikan gas alam dalam penggunaannya. Biogas dihasilkan dari proses kimia anaerob dari bahan organik seperti kotoran ternak ataupun limbah rumah tangga. Sebelum dibahas lebih lanjut tentang manfaat biogas, akan dijelaskan terlebih dahulu bagaimana proses pembuatan biogas itu sendiri. Teknologi pembuatan biogas dibuat sebagai upaya pengelolaan limbah serta mengurangi ketergantungan terhadap gas LPG yang merupakan bahan bakar fosil yang dapat habis.

Membuat biogas membutuhkan bahan baku berupa kotoran hewan seperti sapi, kambing, ataupun hewan lainnya. Kotoran manusia dan limbah rumah tangga ataupun sampah organik lainnya juga dapat digunakan sebagai bahan baku biogas. Hal yang dibutuhkan pertama kali untuk membuat biogas adalah adanya digester atau tempat menampung dan mereaksikan bahan baku yang kemudian menjadi biogas. Diperlukan juga penampung lumpur atau sludge sebagai hasil samping biogas yang berada di dekat digester.

Salah satu yang paling umum adalah biogas dari kotoran sapi, karena jumlah kotorannya relatif banyak sehingga menghasilkan biogas yang banyak pula. Setelah kotoran sapi dicampur dengan air, lalu ditambahkan starter di dalam digester, proses fermentasi pun terjadi dan biogas dapat dialirkan menuju rumah-rumah warga. Manfaat biogas yang pertama adalah sebagai pengganti gas LPG untuk kebutuhan memasak warga, terlebih di daerah pedesaan dimana suplai LPG tidak selancar di perkotaan. Dengan pengolahan yang lebih lanjut, biogas juga dapat digunakan sebagai campuran bahan bakar, misalkan untuk bus berbahan bakar gas CNG.

Manfaat lainnya adalah produk sampingan biogas yang berupa padatan dapat digunakan sebagai pupuk organik. Pupuk jenis ini akan menghasilkan produk pertanian yang memiliki kandungan gizi lebih baik dan bebas dari residu pupuk kimiawi. Sampah ternak sapi juga dapat dikurangi, bahkan menjadi sesuatu yang bermanfaat, hal ini tentunya adalah nilai tambah dari sebuah usaha ternak sapi. Berikut adalah manfaat biogas yang dapat kita peroleh dari mengelola biogas khususnya dari kotoran sapi. Selain bernilai ekonomis, dalam jangka panjang penggunaan biogas juga dapat menyelamatkan lingkungan.