Masalah Mastitis Pada Ternak dan Cara Mengobatinya

Masalah Mastitis Pada Ternak dan Cara Mengobatinya

Mastitis adalah suatu penyakit yang menyebabkan produksi susu ternak sapi menurun. Penyakit ini hanya dapat menjangkit ternak betina yang sedang menyusui ataupun setelah lepas sapih. Mastitis dapat terjadi karena pengaruh bakteri, suhu atau temperatur, dan bahan kimia. Cara mengobati mastitis dapat dilakukan dengan pemberian antibiotic intra muscular, akan tetapi jika menginginkan pengobatan ternak lebih cepat, maka Anda dapat memberikan antibiotic berspectrum langsung ke ternak.

Tahapan yang dapat dilakukan untuk menangani penyakit ini adalah dengan menyuntikkan penstrep intera mamae sesuai dengan takaran, yakni 0,8cc. Setelah itu yang perlu Anda lakukan adalah menunggu, sampai kondisi ternak membaik. Akan tetapi, apabila kondisinya tidak kunjung membaik, Anda dapat mengganti antibiotic yang telah diberikan dengan suanovil, caranya dengan menyuntikkan langsung dekat dengan ambingnya. Antibiotic yang diberikan haruslah sesuai takaran, yakni 1cc. Kemudian tunggu beberapa hari sampai ambing yang busuk mengelupas.

Sebenarnya, agar penyakit ini tidak menjangkit ternak, Anda dapat menerapkan beberapa strategi yang tepat, diantaranya adalah pemberian antiseptik dengan mencelupkan puting susu ternak. Pencegahan ini efektif sebelum akhirnya Anda melangkah ke cara mengobati mastitis. Akan tetapi, jika ternak sudah terlanjur terjangkit penyakit mastitis, selain memberikan antibiotic, Anda juga harus menjaga kebersihannya. Kebersihan pemeliharaan ternak menjadi sangat penting, agar mencegah bakteri-bakteri masuk langsung ke ambing ternak.

Penyakit mastitis utamanya muncul karena faktor pemerahan susu, dengan kondisi yang kurang higienis atau bersih. Selain itu dapat terjadi apabila produksi susu berlebih pada ternak. Apabila ternak Anda mengalami luka, cepat cepatlah semprotkan antiseptic, hal ini bertujuan agar kondisi ternak tidak semakin memburuk.

Ternak yang sudah terjangkit penyakit mastitis dan sedang dalam tahap pengobatan, haruslah mendapat perhatian yang ekstra. Cara mengobati mastitis yang benar dapat mempercepat penyembuhan ternak Anda. Usahakan setelah ternak sembuh, hal yang sekiranya dapat menimbulkan penyakit ini Anda cegah. Selain karena pengobatan membutuhkan biaya yang banyak, juga dikarenakan mencegah penyakit datang lebih mudah daripada menunggu ternak terjangkit baru kemudian mengobatinya.