Masih Bingung Pilih Tempat Jual Daging Impor?

Masih Bingung Pilih Tempat Jual Daging Impor?

Mendatangkan daging impor merupakan salah satu cara pemerintah menekan harga daging yang belum saja turun. Harga jual daging impor yang masih lebih murah dibandingkan harga daging segar, diharap bisa menjadi solusi bagi masyarakat untuk tetap dapat mengkonsumsi daging. Lantas, apa sebenarnya perbedaan daging impor dan daging segar?

Perbedaan yang mencolok adalah dari cara pengemasannya. Daging segar langsung di ambil dari tempat pemotongan sehingga tidak dikemas dalam bentuk frozen atau beku. Sedangkan daging impor terkemas secara beku untuk menjaga ketahanan kualitas dagingnya hingga sampai ke Negara tujuan. Selain itu, daging sapi impor memiliki lebih banyak lemak. Hal ini disengaja karena di tempat pemotongan negeri asalnya membiarkan lemak yang menempel di daging tidak dibersihkan sebelum kemudian dikemas dan dibekukan. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga kualitas daging hingga ke negara tujuan. Sedangkan, daging sapi lokal tidak mengandung lemak ketika dijual. Daging lokal yang diketahui lebih banyak memakan serat atau rumput memang terkenal memiliki lemak yang sedikit.

Meskipun begitu, daging impor tetap saja menjadi bahan pilihan utama membuat menu olahan daging, seperti bakso. Tempat jual daging impor di pasaran pun tetap ramai disinggahi. Tahukah Anda tentang jenis-jenis daging impor yang masuk ke Indonesia?Daging sapi impor pada umumnya masuk ke Indonesia dalam 2 jenis kemasan; beku dan sejuk. Meskipun keduanya sama-sama dingin, tetap saja berbeda. Daging sapi sejuk atau biasa disebut Chilled beef akan disedot udaranya (vacuum) sebelum akhirnya dikemas dan dikirim. Proses vacuum ini yang kemudian membuat kandungan protein daging tetap terjaga dan enzim di dalamnya pun tetap berkembang.

Daging sapi sejuk yang kebanyakan diimpor dari Australia ini membutuhkan proses setidaknya 3 bulan dari penyembelihan hingga pengiriman. Selama proses tersebut, kualitas dan ukuran daging tetap konsisten dan dijaga sebelum akhirnya diterima oleh tempat jual daging impor. Dengan begini, penilaian yang mengatakan semua daging impor itu tidak segar terelakkan. Daging impor sejuk ini contohnya.