Memilih Domba Qurban yang Layak

Memilih Domba Qurban yang Layak

Upacara penyembelihan hewan yang biasa disebut dengan qurban bagi umat muslim memiliki tradisinya tersendiri. Pasalnya, dari kota hingga kampung menjelang hari tersebut dipenuhi oleh kegiatan jual beli hewan yang akan diqurbankan. Mulai dari sapi, kerbau, kambing dan domba. Di Indonesia sendiri terdapat berbagai jenis domba qurban, yakni domba garut hingga domba gibas.

Beragamnya ketersediaan domba di Indonesia ini membuatnya dapat dijadikan pilihan untuk menjadi hewan qurban. Namun, diperlukan ketelitian dalam memilihnya agar domba yang kita jadikan qurban tahun ini dapat memenuhi kriteria yang sesuai dengan syariat Islam.

Sebelum melihat hewan yang dijual, kita patut melihat tempat penjualannya tersebut. Pastikan tidak berada di lokasi dekat pembuangan sampah, tidak ada genangan air, dan terlihat rutin dibersihkan. Karena lingkungan tempat domba sangat memengaruhi kesehatannya. Setelah menentukan tempat domba yang akan Anda pilih, pertama-tama tanyakan mengenai sertifikasi hewan-hewan yang dijualnya. Biasanya, domba qurban sebelum sampai pada tempat penjualan akhir akan melalui uji kesehatan minimal 3 kali. Tanyakan juga vaksin dan antibiotik yang sudah diberikan karena hal ini berkaitan dengan daya tahan tubuh domba.

Khusus berkaitan dengan pemilihan domba, perlu diketahui sudah berapa kali domba tersebut dimandikan dan dicukur. Minimal dalam setahun domba dimandikan dan dicukur 2 kali agar tidak lembab dan berjamur. Terkait usia, domba yang dapat diqurbankan adalah yang berusia 12-18 bulan. Perhatikan juga kondisi tubuh domba. Tidak hanya sekedar gemuk, perlu dilihat juga bulu, mata, hidung sampai ke anus.

Domba yang sehat adalah domba yang memiliki bulu mengkilap, tidak lembab, dan tidak korengan, memiliki mata terang dan kelopak mata bagian dalam berwarna pink, hidung berwarna merah terang dan basah (namun bukan basah karena cairan tertentu), tubuhnya proporsional, dan memiliki anus yang bersih yang menandakan tidak sedang diare. Kemudian jika domba aktif dan nafsu makannya tinggi, berarti domba tersebut sehat. Setelah semua sesuai dengan kriteria diatas, Anda bisa membawa pulang domba qurban pilihan Anda.