Memilih Hijauan Pakan Ternak yang Cocok

Memilih Hijauan Pakan Ternak yang Cocok

Ilmu pakan ternak sudah selayaknya menjadi ilmu wajib bagi para peternak. Pakan menjadi faktor kunci dari keberhasilan peternak dalam mengembangbiakan ternaknya sehingga menjadi ternak yang berkualitas. Hal tersebut dikarenakan pakan memengaruhi kondisi tubuh hewan ternak. Hijauan pakan ternak merupakan salah satu jenis bahan pakan ternak disamping pakan hasil fermentasi.

Jenis pakan hijauan ini sangat dibutuhkan oleh hewan ternak ruminansia. Hewan yang memiliki empat lambung memerlukan kadar serat kasar yang tinggi. Dengan mengandung serat kasar hingga 20%, jenis makanan ini dapat dikatakan menjadi makanan utama bagi sebagian besar golongan hewan ternak. Makanan yang termasuk kedalam jenis pakan ini adalah, berbagai jenis rumput, daun leguminos, dan jerami. Beragamnya makanan yang dapat dijadikan pakan ternak tentu memerlukan ketelitian lebih bagi para peternak agar jenis makanan yang diaplikasikan dapat sesuai. Tidak hanya sesuai dengan ternaknya tetapi juga sesuai dengan keadaan sang peternak.

Keterkaitan pakan dengan kebutuhan hewan memang menjadi pertimbangan utama dalam pemilihan pakan. Pilihlah jenis hijauan pakan ternak dengan tingkat palatabilitas yang tinggi. Maksudnya adalah, pakan yang sesuai dengan fungsi tubuh hewan ternak dan menjadi kesukaannya. Ini penting, sebab indra perasa tiap jenis hewan berbeda. Ini membuat perilaku makannya menjadi berbeda pula. Misalnya saja kambing yang lebih dapat merasakan pahit, asam maupun asin menjadikannya lebih pemilih dalam urusan pakan ketimbang domba ataupun sapi.

Selain itu, ketersediaan lahan untuk menanam rumput juga perlu disesuaikan dengan jenis rumput yang akan dipilih. Perhatikan tingkat ketinggian tanah, kesuburan tanah, topografi, dan sumber air. Sebagai contoh, rumput gajah bisa hidup di dataran rendah hingga tinggi dan bertanah lempung tetapi tidak tahan dengan genangan. Sedangkan rumput raja dan rumput Meksiko tahan terhadap curah hujan yang tinggi serta struktur tanah yang berat. Memperhatikan kesesuaian jenis rumput dengan tempat penanamannya tentu akan membuat rumput yang dihasilkan berkualitas baik. Setelah mempertimbangkan semuanya, jangan lupa pilih juga pakan fermentasi dan juga vitamin disamping hijauan pakan ternak Anda agar ternak Anda dapat terpenuhi semua kebutuhan nutrisinya.