Mengenal Lebih Jauh Tentang Zat Antinutrisi Atau Tanin Pada Pakan Ternak

Mengenal Lebih Jauh Tentang Zat Antinutrisi Atau Tanin Pada Pakan Ternak

Dalam memberikan pakan untuk ternak, Anda haruslah memperhatikan zat antinutrisi atau tanin yang terkandung di dalamnya. Zat antinutrisi tersebut dapat berupa racun yang dapat membahayakan kesehatan ternak Anda. Sehingga, sebelum memberikan pakan ternak, haruslah Anda mengetahui kandungan yang terdapat didalamnya. Zat yang membahayakan tersebut diantaranya adalah asam sitrat, mimosin, alfatoksin, asam sianida, dan tanin. Zat-zat tersebut terkandung di setiap tanaman yang bahkan terdapat banyak di sekitaran Anda, sehingga apabila kandungan tersebut tidak diketahui secara detail akan dapat membahayakan kesehatan ternak Anda ke depannya.

Zat antinutrisi atau tanin yang pertama yaitu asam sitrat. Zat ini banyak terdapat pada bagian daun. Apabila kondisi asam sitrat yang dikonsumsi melebihi 2 %, maka sudah dapat dikategorikan sebagai zat yang membahayakan bagi ternak. Zat yang juga membahayakan adalah mimosin, zat ini terdapat pada daun dan biji lamtoro. Ternak akan mengalami keracunan apabila terus-menerus diberikan pakan tanaman ini. Untuk itu, Anda perlu menyeimbangkan pakan dengan tanaman yang lainnya, setidaknya dengan tidak memberikan 40% total pakan dengan daun dan biji lamtoro.

Pemberian pakan ternak dengan rumput gajah, rumput benggala, daun singkong ternyata juga dapat membahayakan kesehatan ternak, karena tanaman-tanaman tersebut mengandung zat asam sianida (HCN). Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir berlebihan, karena kadar racun yang dapat membahayakan itu tergantung dengan porsi yang Anda berikan. Agar dapat mengurangi racun yang ada, penambahan unsur sulfur (S) diperlukan.

Zat membahayakan yang terdapat dalam hijauan pakan ternak selanjutnya adalah tanin. Zat ini terdapat dalam umbi, kaliandra, dan umbi-umbian. Konsumsi zat ini melebihi kadar 0,3% dapat membuat ternak Anda mengalami penurunan pencernaan protein dalam tubuh. Oleh karena itu, perlulah Anda menyeimbangkan dengan pemberian hijauan lainnya. Pemberian pakan ternak menjadi sangat penting bagi perkembangan tenak Anda, oleh karena itu perlulah pengetahuan tentang pakan ternak yang benar dan tidak membahayakan. Kandungan zat antinutrisi atau tanin haruslah Anda atasi dengan solusi yang benar, agar tidak membahayakan.