Mengenal Rumput Odot sebagai Hijauan Pakan Ternak

Mengenal Rumput Odot sebagai Hijauan Pakan Ternak

Ada banyak jenis rumput yang diberikan pada ternak seperti sapi, kambing, domba dan kerbau untuk menghasilkan mutu daging potong yang terbaik pada pembeli. Perlu diketahui bahwa konsumsi tumbuh-tumbuhan hijau seperti rerumputan dan dedaunan memberikan banyak manfaat positif dalam mengembangkan ternak yang sehat dan berkualitas. Salah satu kategori hijauan yang dianjurkan adalah rumput odot.

Pernahkah Anda mendengar tentang jenis rumput ini? Rumput ini masih satu keluarga dengan rumput gajah atau king grass, dan sering dianjurkan bagi para peternak sapi sebagai alternatif pakan. Berasal dari Amerika Serikat, pakan hijauan bernutrisi tinggi ini sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin bukan hanya oleh sapi tapi juga kambing dan domba. Sebagian besar sapi di AS diberikan asupan beberapa pakan ternak tidak hanya rumput tapi juga kacang polong atau silase (pakan berkadar air tinggi hasil fermentasi). Kebanyakan sapi potong di sana dibesarkan di padang rumput sejak lahir pada musim semi sampai musim gugur (7 sampai 9 bulan). Inilah kenapa rumput adalah hijauan yang mendasari semua atau setidaknya sebagian besar makanan ternak-ternak ini. Gaya hidup ternak, termasuk akses mereka ke padang rumput, udara segar, dan yang sangat penting, kualitas makanan mereka menentukan hasil pengembangan ternak nantinya.

Lalu apa yang membuat rumput odot begitu dianjurkan sebagai pakan ternak? Kandungan nutrisi yang kaya pada rumput ini terdiri dari protein kasar hingga 15%, kadar lemak kasar total hingga 4% dan tingkat kecernaan hingga 70%. Rumput ini dapat dipanen terus-menerus hanya dengan menanam satu kali di awal, bahkan setiap rumpunnya dapat tumbuh dengan jumlah anakan sangat banyak. Musim hujan akan sangat membantu melunakkan tekstur batangnya, di mana hal ini akan sangat disukai oleh ternak.

Untuk membudidayakan rumput odot yang baik dan berkualitas, Anda dapat mengikuti pelatihan ternak yang biasanya sudah mencakup wacana pengenalan dan praktek penanaman hijauan pakan ternak. Penyedia pelatihan juga biasanya menjual bibit rumput ini berupa stek batang yang dapat dibeli menurut minimal order.