Mengenal Sapi Shorthorn

Mengenal Sapi Shorthorn

Perkembangan peternakan sapi di Indonesia memang tidak terlalu mendominasi. Meskipun demikian, usaha ternak salah satu hewan ruminansia ini tetap memiliki peluang yang menjanjikan. Sapi sendiri memiliki tiga jenis, yaitu sapi dwiguna, potong, dan perah. Sapi shorthorn merupakan salah satu jenis sapi perah yang banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Seperti pada sapi perah umumnya, hewan herbivora ini dipelihara untuk dimanfaatkan susunya.

Jenis ini merupakan keturunan dari bos taurus. Hewan katagori vivipar ini telah dikembangkan di Virginia sejak 1783. Shorthorn merupakan dan merupakan hasil persilangan sapi Bali dan Eropa. Karakteristik yang dimiliki yaitu warna kulit merah tua sampai putih dan beberapa memiliki tanduk sebagian lainnya tidak. Kepala dari sapi Inggris ini berukuran pendek dan lumayan lebar. Hewan tersebut mempunyai pertumbuhan yang kompak dan bentuk tubuh yang baik. Alasan banyak peternak memilih hewan jenis ini karena hewan keturunan bos taurus ini mampu menghasilkan produksi susu yang tinggi.

Pertumbuhan sapi shorthorn dapat mencapai rata-rata 850 kg untuk betina dan berat rata-rata jantan mencapai 1.100 kg. Ukuran ini dapat dicapai jika pakan yang diberikan cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Selain itu, kondisi kesehatan dan pengelolaan kandang juga perlu dilakukan pemantauan yang teratur.

Jenis pakan kelompok herbivora tentu merupakan tumbuhan. Protein nabati dibutuhkan dalam jumlah diet yang cukup untuk pertumbuhannya. Selain tumbuhan hijau seperti rumput gajah atau benggala, pakan juga dapat berupa bahan konsentrat atau limbah pertanian. Pakan konsentrat yang umum digunakan adalah dedak, bungkil kelapa, jagung, atau campuran jenis tersebut. Pakan dari limbah pertanian yang dapat dikonsumsi, yaitu jerami baik dari padi, kedelai atau jagung. Perihal kandang, maka sebaiknya berada jauh dari rumah dan menghadap matahari. Manajemen kesehatan yang baik dipadukan dengan kedua aspek sebelumnya akan membuat budidaya sapi optimal.

Bagi Anda yang berniat membuka usaha peternakan, maka sapi shorthorn dapat menjadi pilihan yang baik. Khususnya jika ingin mendapat keuntungan yang tinggi dari produksi susu.