Mengobati Mata Merah Pada Sapi

Mengobati Mata Merah Pada Sapi

Sapi merupakan salah satu hewan yang sering dijadikan sebagai hewan ternak oleh masyarakat. Hewan satu ini biasanya diternak untuk dijual kembali dagingnya ke pasaran untuk memenuhi kebutuhan daging masyarakat. Selain itu ada pula yang memelihara ternak Sapi dengan mengambil susu dari Sapi tersebut untuk diolah lebih lanjut. Dalam hal memelihara ternak tentu banyak aspek yang harus diperhatikan, misalnya aspek kesehatan mata Sapi. Salah satu gejala gangguan kesehatan pada mata Sapi ialah timbulnya bercak merah (mata merah) pada hewan tersebut. Namun Anda tidak perlu khawatir menghadapi masalah ini, sebab kini telah ada cara untuk Mengobati Mata Merah Pada Sapi.

Mata Merah pada Sapi sendiri dapat dikarenakan beberapa faktor, misalnya faktor infeksi. Infeksi ini bisa saja terjadi karena ada pengaruh dari aktivitas bakteri pada mata Sapi tersebut. Selain itu, mata merah yang diderita Sapi ternak Anda dapat pula disebabkan oleh debu-debu yang beterbangan. Tentunya jika mata merah ini tidak segera diobati maka akan berdampak buruk bagi kesehatan Sapi Anda. Mengobati mata merah pada hewan ternak bukan suatu hal yang sulit. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam mengobatinya. Pertama Anda dapat menyemprotkan zat antibiotik ke arah mata hewan ternak Anda. Zat antibiotik ini dapat Anda temukan di toko-toko khusus ternak atau di toko-toko farmasi lainnya.

Kedua Anda dapat berkonsultasi dengan dokter-dokter hewan yang ada di sekitar lingkungan Anda. Biasanya di setiap daerah terdapat satu atau dua orang petugas medis khusus menangani hewan-hewan ternak. Dengan demikian Sapi Anda dapat penanganan medis yang tepat atas sakit yang dideritanya. Terlepas dari hal ini, Anda juga harus memperhatikan aspek kebersihan dari Sapi itu sendiri. Usahakan untuk senantiasa memandikan ternak Anda secara rutin agar tubuh hewan tidak mudah dihinggapi penyakit, seperti Mata Merah ini. Kemudian perhatikan pula aspek kebersihan kandang dari ternak Anda.

Demikianlah beberapa informasi terkait cara mengobati sakit Mata Merah pada ternak Sapi. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam merawat kesehatan ternak Anda. Selamat beternak.