Menjaga Kesehatan Kambing Qurban Sebelum Penyembelihan

Menjaga Kesehatan Kambing Qurban Sebelum Penyembelihan

Perayaan Idul Adha identik dengan pemotongan kambing. Pembelian terhadap hewan ini kemudian meningkat. Dengan peningkatan permintaan ini membuat harga hewan ini juga berubah. Sebagian orang kemudian memilih untuk membeli kambing qurban lebih dahulu bahkan jauh sebelum penyembelihan. Lalu, kambing ini dapat dititipkan di masjid atau lembaga-lembaga yang membuka jasa penitipan dan perawatan hewan qurban. Namun, perawatan pra-penyembelihan ini juga bisa dilakukan di rumah.

Bagi yang memilih untuk merawatnya di rumah tentu diperlukan perhatian ekstra terhadap kambing yang sudah dibelinya agar tetap sehat dan memenuhi kriteria untuk menjadi hewan qurban. Ulasan ini akan membahas apa saja yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan kambing qurban Anda sembari menunggu waktu penyembelihan. Hal ini dikarenakan kambing memiliki kerentanan yang cukup tinggi dibanding hewan qurban lain.

Kambing sendiri dapat dikatakan cukup sulit untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. Perubahan lingkungan dapat membuatnya stress dan berdampak pada kesehatannya. Untuk menambah daya tahan tubuhnya pastikan kambing yang Anda beli sudah diberikan antibiotik terlebih dahulu. Sebelumnya siapkan juga kandang baik itu yang berbentuk panggung ataupun beralaskan tanah. Pastikan tempat tersebut tidak memungkinkan adanya genangan air, cukup terkena sinar matahari pagi, dan tidak terkena langsung hembusan angin.

Kemudian untuk perawatan hariannya, kandang kambing perlu dibersihkan tiap hari. Hal ini dikarenakan kambing sensitif dengan kotoran dan menjadi stress lalu sakit. Makanannya juga perlu diperhatikan. Selain memberikan pakan secara teratur, rerumputan dapat diberikan tambahan jenis daunan lain seperti daun singkong atau daun glyrisida. Tetapi jangan berikan dalam bentuk segar karena beracun. Berikanlah dalam bentuk layu. Pemberian daun-daun ini dapat meningkatkan gizi pada kambing.

Periksa juga secara rutin organ tubuh kambing qurban Anda, mulai mata hingga anus. Jangan lupakan juga untuk memeriksa keadaan kukunya. Bila panjang, maka perlu untuk dipotong. Pemotongan kuku dilakukan untuk mengurangi risiko patahnya kuku yang dapat mengakibatkan luka dan infeksi. Dengan memperhatikan beberapa hal ini kambing dapat terus fit menjelang penyembelihan.