Obat Hewan Herbal Berkhasiat untuk Kesehatan Ternak

Obat Hewan Herbal Berkhasiat untuk Kesehatan Ternak

Obat hewan herbal memiliki khasiat yang tidak kalah dari penggunaan obat kimia dari pabrik. Obat ini berasal dari ramuan berbagai jenis tumbuhan alami yang baik untuk kesehatan ternak. Manfaat yang diperoleh dari obat herbal yaitu dapat meningkatkan metabolisme ternak, menjaga bobot ternak agar tetap stabil, dan dapat menjadi sumber vitamin bagi hewan.

Beberapa tanaman dapat dijadikan sebagai jamu herbal yang berperan sebagai obat alami bagi hewan. Jamu herbal ini berfungsi untuk meningkatkan stamina tubuh agar lebih kebal terhadap serangan penyakit. Tanaman yang berfungsi sebagai jamu herbal yang dapat dicampur dalam pakan ayam, yaitu kunyit, lempuyang, tepung bawang putih, dan tepung kencur. Kunyit dan lempuyang bermanfaat untuk mencegah resiko kematian dan meningkatkan daya tahan tubuh. Tepung bawang putih dan tepung kencur bermanfaat untuk meningkatkan kinerja dan mencegah serangan penyakit.

Selain jamu, suplemen dapat juga berfungsi sebagai obat hewan herbal. Suplemen yang bagus untuk ternak kambing dinamakan HMNMO (Herbal Multi Nutrisi Mineral Organik). HMNMO merupakan suplemen yang bermanfaat untuk pencernaan dan dapat meningkatkan produktivitas ternak. Bahan-bahan pada HMNMO ini terdiri dari daun kelor, gula aren atau gula merah, dedak padi, rumput laut, garam, tapioka, dan semen. Komposisi yang paling banyak pada campuran HMNMO alami ini adalah daun kelor. Manfaat daun kelor yaitu sebagai sumber protein yang bagus untuk pertumbuhan ternak dan sebagai anti cacing yang berfungsi mengurangi potensi kematian dini.

Untuk meningkatkan sistem pencernaan hewan ternak dapat juga menggunakan probiotik. Probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang memberikan efek yang baik bagi kesehatan organisme lain. Manfaat probiotik bagi hewan ternak, yaitu untuk mencegah diare, mengurangi bakteri jahat pada tubuh, meningkatkan nafsu makan, dan meningkatkan produksi susu pada kambing dan sapi.

Probiotik juga memiliki efek mengurangi bau pada kotoran ternak. Bahan utama probiotik alami ini adalah pisang yang dipotong kecil-kecil yang kemudian ares pisang tersebut dicampur dengan air leri. Jadi, berbagai obat hewan herbal tersebut semuanya memberikan efek yang positif bagi kesehatan ternak.