Obat Hewan Herbal untuk Sapi

Obat Hewan Herbal untuk Sapi

Beternak merupakan salah satu usaha yang populer di negeri ini. Kondisi alam yang masih subur menjadikan peternakan bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Di dalam usaha peternakan yang tidak boleh dilupakan adalah pemberian makan dan obat hewan. Pakan ternak menjadi konsumsi sehari-hari bagi hewan peliharaan. Apabila hewan sakit maka harus diberikan obat.

Obat untuk hewan ternak bisa dibuat sendiri sebagai obat herbal. Ada tiga jenis ternak, yaitu ternak hewan besar, hewan sedang, dan hewan unggas. Hewan besar diantaranya yaitu sapi, kuda, dan kerbau. Hewan sedang seperti kambing dan domba. Sedangkan hewan unggas seperti ayam, bebek, burung, itik, dan lain-lain. Peternakan hewan besar yang masih banyak diusahakan adalah beternak sapi. Sapi mempunyai banyak manfaat yaitu bisa diambil susu, daging, kulit, tenaga, bahkan kotorannya.

Beberapa masalah kesehatan yang menyerang sapi adalah diare, cacingan, kembung, dan kudisan. Sapi yang mengalami diare dapat mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Penyebab diare yaitu karena bakteri atau virus. Diare pada sapi juga bisa disebabkan oleh pola makan yang berubah-ubah dan sapi tidak bisa menyesuaikan diri. Jika terjadi diare sebaiknya sapi diberi obat minyak kelapa. Caranya dengan meminumkan pada sapi yang terkena diare. Berilah makan daun jambu biji dan daun nangka.

Obat hewan khususnya sapi yang mengalami cacingan bisa didapatkan dari bahan-bahan alam. Bahan-bahan ini mudah dicari di lingkungan sekitar. Bahan-bahannya yaitu temu hitam sebanyak 1 rimpang dan biji lamtoro yang sudah kering kurang lebih 20 gram. Tambahkan terasi 1 jari, 2 buah tempe busuk, dan 1 sendok garam. Lebih baik gunakan garam halus agar mudah dicampurkan. Campurkan semua bahan tadi menjadi satu dan tuangkan air secukupnya. Setelah itu minumkan pada sapi yang sakit cacingan.

Jika sapi mengalami kembung bisa diobati dengan jahe. Caranya parutlah jahe terlebih dahulu kemudian tambahkan minyak nabati secukupnya. Setelah itu oleskan ramuan tersebut pada perut sapi agar bisa segera pulih dari kembung. Terakhir, cara mengobati sapi yang kudisan menggunakan minyak kelapa yang dicampur belerang dan kamfer. Tumbuklah belerang dan kamfer sampai halus sebelum dicampur dengan minyak kelapa. Setelah dicampur, obat hewan ini dioleskan pada bagian kulit sapi yang kudisan.